10 Sayuran Penurun Darah Tinggi Paling Efektif

sayuran penurun darah tinggi

10 Sayuran Penurun Darah Tinggi Paling Efektif – Tekanan darah tinggi (Hipertensi) merupakan kondisi medis yang ternyata cukup berbahaya. Hal ini dikarenakan tidak ada gejala yang khas dan langsung menyergap penderitanya begitu saja. Hipertensi juga dapat menimbulkan komplikasi dengan penyakit lain salah satunya seperti penyakit jantung.

Faktor yang cukup penting dan mampu menurunkan hipertensi ialah dengan melakukan diet ataupun menjaga pola makan yang sehat. Makanannya pun haruslah berupa buah, kacang-kacangan, minyak dan lemak serta sayuran penurun darah tinggi.

Karenanya berikut adalah daftar sayuran sehat yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Beberapa jenis sayuran ini bahkan dapat dengan mudah kita temui dan sering dikonsumsi. Langsung saja, berikut adalah ulasan mengenai 10 sayuran sehat untuk menurunkan hipertensi paling efektif dan alami.

1. Kale

Kale merupakan jenis sayuran hijau yang kaya akan nutrisi. Satu cangkirnya mengandung nutrisi yang cukup untuk menyediakan nilai harian sebesar 3,6% berupa 170 mg kalium. Meningkatkan asupan kalium yang diiringi dengan pengurangan konsumsi garam (natrium) dapat membantu menurunkan hipertensi bahkan risiko dari penyakit kardiovaskular.

Kale atau Brassica oleracea acephala adalah salah satu nabati paling sehat dan bergizi yang ada. Sayuran ini memiliki daun berwarna hijau atau ungu kebiruan tergantung dengan kultivarnya. Meski manfaatnya yang cukup banyak, kehadiran kale belum seumum sayuran lainnya. Padahal sayuran ini memiliki sifat obat yang kuat.

2. Bayam

Bayam juga merupakan sayuran penurun darah tinggi yang memiliki kandungan kalium cukup tinggi. Karenanya bayam juga kerap direkomendasikan bagi penderita hipertensi. Satu cup dari bayam mengandung 167 mg kalium. Kalium pada sayuran ini dapat membantu mengurangi efek natrium dalam tubuh sehingga akan menurunkan tekanan darah. Sebaliknya dengan asupan kalium yang rendah akan meningkatkan risiko terkena hipertensi.

3. Bawang putih

Beberapa penelitian membuktikan bahwa bawang putih ternyata dapat meningkatkan nitrit oksida tubuh yang membantu otot halus untuk tetap rileks dan melebarkan pembuluh darah. Hal inilah yang nantinya akan berpengaruh terhadap penurunan tekanan darah. Satu satu studi juga menemukan bahwa ekstrak dari bawang putih mampu mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik pada penderita hipertensi. Dan tentunya dengan menambahkan bawang putih pada masakan juga akan meningkatkan rasa yang lebih enak.

4. Sawi

Sawi juga memiliki kalium yang cukup tinggi, satu cangkirnya dapat menyediakan 4-5% nilai harian akan kalium. Dan ternyata selain dapat menurunkan hipertensi, mengonsumsi sawi juga dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung secara signifikan sekitar 15%. Sebagai sayuran penurun darah tinggi yang cukup baik, sawi juga merupakan bahan masakan yang bisa dibuat menjadi banyak makanan yang enak untuk dikonsumsi.

5. Selada

Studi telah menunjukkan bahwa diet dengan tinggi kalium bisa membantu untuk menurunkan tekanan darah dengan cara mengurangi efek natrium serta melebarkan pembuluh darah tersebut. Selada hijau dan selada merah juga kaya akan kalium, bahkan tiga cangkir selada bisa menyediakan 5% nilai harian kalium. Hal inilah yang membuat selada menjadi salah satu sayuran penurun darah tinggi yang baik untuk dikonsumsi. Sayuran ini ternyata juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

6. Seledri

Pada seledri terdapat kumarin yang dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah serta keseimbangan air. Sayuran penurun darah tinggi ini merupakan sumber serat yang baik. Orang yang mengonsumsi serat tinggi memiliki tekanan darah yang lebih rendah daripada mereka yang memiliki asupan serat rendah.

7. Bit

Bit lebih dikenal sebagai buah, namun ternyata adalah umbi yang termasuk sebagai sayuran. Bit mengandung nitrit oksida yang bisa membuka pembuluh darah dan menurunkan tekanan dari darah tersebut. Bahkan ditemukan fakta baru pada sebuah studi bahwa nitrat dalam bit ternyata bisa menurunkan tekanan darah dari peserta penelitian hanya dalam kurun waktu 24 jam. Anda bisa mengolahnya menjadi jus atau bahkan menambahkannya dalam tumisan.

8. Brokoli

Brokoli merupakan sumber yang baik untuk mineral pengatur tekanan darah, kalsium, magnesium, bahkan kalium. Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa diet tinggi brokoli bisa membantu mengurangi hipertensi, penyakit kardiovaskular, serta stroke. Brokoli memang kaya akan senyawa yang bisa mengurangi kerusakan pada arteri dan mungkin cukup berperan pada tekanan darah tinggi.

9. Kubis

Kubis yang juga merupakan sayuran penurun darah tinggi adalah sumber kalium yang sangat baik. Satu cangkirnya ternyata menyediakan hingga 4% nilai harian kalium. Kalium membantu menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara menangkal efek natrium pada tubuh, kemudian mengeluarkan kelebihan natrium melalui urine serta melemaskan dinding pembuluh darah. Sehingga mengonsumsi kubis yang kaya akan kalium pun menjadi cara yang lezat untuk menjaga tekanan darah pada kisaran normal.

10. Labu siam

Labu siam bermanfaat untuk mengendurkan pembuluh darah sehingga dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi hipertensi. Myricetin berupa antioksidan yang terkandung pada labu siam telah terbukti untuk menurunkan kolesterol. Karenanya abu tersebut merupakan sumber serat yang cukup baik dan menyediakan sekitar 14% dari asupan harian. Makanan yang tinggi serat  seperti labu ini dikaitkan dengan kontrol dari tekanan darah.

Sayuran penurun darah tinggi memiliki banyak manfaat bahkan untuk orang yang sehat sekalipun. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menambahkan sayur-sayuran dalam porsi makan sehari-hari. Dengan pola makan yang lebih teratur, tentunya hipertensi pun bisa lebih terkontrol dan tidak menyebabkan hal yang tidak diinginkan.

Baca juga : Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi Terbaik

Tekanan darah tinggi cukup beresiko apalagi jika menyerang orang tua dengan riwayat fungsi jantung yang telah lemah. Bukan itu saja, bahkan karena pola makan yang tidak sehat hipertensi juga bisa menyerang kaum muda.

Cara yang paling mudah, murah, dan enak untuk dapat mengurangi tekanan hipertensi adalah dengan mengonsumsi sayuran penurun darah tinggi. Walaupun sebagaian orang kurang suka makan sayur, sebenarnya sayuran adalah berkah yang tak tertandingi. Masing-masing dari mereka memiliki manfaat yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kita.

Oleh sebab itu, cukup penting untuk terus mengonsumsi sayur-sayuran. Apalagi bagi penderita hipertensi yang membutuhkan kalium yang cukup. Dengan mengonsumsi beragam makanan sehat secara teratur, pastinya Anda akan merasakan manfaat yang lebih baik bagi tubuh.

Sekian ulasan mengenai 10 sayuran penurun darah tinggi paling efektif untuk memenuhi kebutuhan kalium yang memiliki peran penting untuk menurunkan hipertensi. Sehingga Anda dapat menjadi diet sehat tinggi kalium yang sehat dan enak tanpa repot dengan hal lainnya.

Tinggalkan komentar