5 Warisan Budaya Indonesia yang Penting

5 Warisan Budaya Indonesia yang Penting. Pada umumnya ketika kita mendengar kat budaya maka orientasi kita adalah seni pertunjukan panggung. Padahal budaya lebih luas daripada sekedar pertunjukkan panggung. Budaya meliputi berbagai aspek dalam masyarakat yang dianggap baik dalam sekumpulan masyarakat tersebut. Budaya adalah hasil ekstrasi interaksi antar individu sehingga tercapai kesepakatan bahwa suatu hal dianggap baik yang melekat pada masyarakat.

Kata budaya tersusun dari dua kata yakni budi dan daya. Budi adalah perbuatan yang baik baik sedangka daya adalah kemampuan atau kekuatan. Maka budaya secara bahasa dapat diartikan sebagai pendayagunaan kebaikan-kebaika yang ada di masyarakat. Kata budaya banyak mengalami pergeseran makna dan penerapan yang keliru seperti misalnya budaya korupsi yang secar adat ketimuran korupsi bukan dianggap sesuatu yang baik kecuali oleh pelakunya.

Warisan budaya Indonesia penting untuk digali lebih dalam dan perlu untuk dilihat menggunakan lensa mata yang lebih lebar agar kita dapat menarik budaya leluhur kita ke berbagai aspek. Kita dapat merumuskan budaya-budaya mana yang masih relevan dan mana yang sudah tidak layak pakai, bagimana modifikasi terkiniya. Kebudayaan sendiri dihasilkan dari proses panjang yang dimulai dari tiap-tiap kepala individunya.

Orang akan berbicara sesuatu dari apa yang ia pikirkan sementara perkataan akan mendorong seseorang untuk berbuat sesuatu. Perbuatan yang dilakukan berulang kali akan membentuk suatu kebiasaan sedangkan kebiasaan yang berlangsung terus-menerus akan membentuk karakter. Karakter yang bertahan sekian lama akan membentuk budaya. Maka dari itu budaya meliputi berbagai aspek dan dilatarbelakangi oleh multi faktor. Lihat di bawah ini apa yang penting:

Budaya Makan

Warisan budaya Indonesia terutama mengenai etika saat makan kini mulai pudar, banyak orang yang mengeluhkan demikian. Sesuatu akan bertahan lama jika banyak orang yang melakukan tentunya dan dapat diestafetkan dengan baik ke generasi berikutnya. Dari sisi keluarga, tidak banyak keluarga yang menurunkan pengertian dan pemahaman mengenai etika saat makan sesuai dengan budaya kita.

Belum lagi pengaruh globalisasi dimana segala hal kini terhubung secara worldwide atau dunia. Orang dari Amerika bisa punya outlet di sekitar Bundaran HI dan Orang Bandung berpeluang membuka outlet di Dubai Mall. Serangan globalisasi sangat deras sehingga budaya makan gaya barat lebih popular karena segala tempat kini berkiblat pada budaya barat untuk sesuatu yang dianggap keren atau high class.

Warisan budaya Indonesia

Apa yang Anda Kenali dari Warisan Budaya Indonesia?

Budaya Tulis

Warisan budaya Indonesia selanjutnya adalah adanya budaya tulis seja dulu kala bahkan sejak masih menulis pada batu atau pada kulit kayu. Bahkan untuk Budaya Jawa sendiri mengalami perjalanan hanya untuk soal huruf seperti dulu ada Huruf Paku, Huruf Kawi Murda, Kawi Pallawa, dan terakhir tulisan Jawa Ajisaka yang kita kenal hingga sekarang. Dengan perkembangan huruf sejak dahulu kala dapat diasumsikan bahwa kita memiliki budaya tulis yang kuat.

Kita memiliki sastrawan-sastrawan handal sejak dahulu kala, Ronggo Warsito, Mangkunegara, Empu Tantular, dan lain sebagainya merupakan nama-nama besar dunia sastra Nusantara. Tentu masih banyak nama besar dari suku lain yang berkontribusi besar bagi laju pengetahuan generasi berikutnya. Budaya tulis jelas sangat penting karena dari tulisan sejarah dapat diketahui anak cucu kita berikutnya.

Baca juga : Potong Jari Tradisi Ekstrim Papua Tentang Kesedihan

Budaya fashion

Warisan budaya Indonesia lainnya adalah budaya berpakaian, dari ratusan suku yang ada di Indonesia mereka memiliki pakaian adatnya masing-masing. Kekayaan budaya berpakaian kini diangkat pada mata uang seri terbaru dengan nominal sebesar Rp.75.000. Perlahan kita mulai bangga dengan apa yang kita punya sehingga kita kini mulai berani untuk menunjukkannya pada dunia.

Adat dan Budaya

Adat dan budaya seperti sayur mayor yang saling bertalian, kata tersebut saling terikat satu sama lain. Dengan adat sendiri cenderung dikenal lebih ke upacara-upacara tertentu, hal ini sangat erat dengan warisan kepercayaan para leluhur. Misalnya orang yang lebih muda harus mau melayani yang lebih tua, kita mengenal adat istiadat demikian sebagai kontrol sosial di tengah masyarakat.

Kesenian

Warisan budaya Indonesia yang tidak kalah kaya adalah dari dunia kesenian. Kita bahkan sudah mengenal seni musik berbahan baku logam sejak ratusan tahun yang lalu yang bahkan pada negara lain pada tahun yang sama masih menggunakan alat musik kayu, gamelan misalnya. Belum lagi dari dunia tari, aktig, wayang, ludruk, dan lain sebagainya. Banyak seniman-seniman handal Indonesia yang sudah keliling dunia karena talenta emasnya.

Sisi lain dalam melihat warisan budaya Indonesia telah selesai Anda baca, menarik bukan?

Tinggalkan komentar