9 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

9 Manfaat Kurma Bagi Kesehatan Tubuh Manusia. Siapa yang tidak mengenal buah kurma yang memiliki cita rasa manis dan sangat digemari umat muslim di suruh dunia. Memakan buah kurma merupakan sunah nabi, terlebih ketika berbuka puasa. Tak heran jika menjelang dan saat puasa di bulan ramadhan, banyak pedagang menjajakan buah satu ini.

manfaat kurma

Memakan buah kurma setelah berpuasa dipercaya dapat mengembalikan energi dan menstabilkan gula darah setelah sehari penuh berpuasa. Cukup dengan satu atau tiga buah kurma, sudah bisa membuat Anda sedikit kenyang dan mampu menunaikan shalat Maghrib.

Ada banyak sekali manfaat buah kurma bagi kesehatan tubuh orang yang rutin omengonsumsinya. Berikut diantaranya:

Mengatasi Anemia

Jika Anda menderita anemia, sebaiknya Anda rutin mengonsumsi kurma. Kandungan asam folat yang ada pada kurma mampu membentuk sel-sel darah merah. Disamping kurma mengandung zat besi yang sangat tinggi sehingga mampu mengatasi anemia.

Membantu Produksi ASI

Jika Anda rutin mengonsumsi kurma saat hamil, darah dan sumsum tulang belakang janin akan terbentuk sempurna karena nutrisi dari kurma tersebut. Berdasarkan penelitian, ibu yang rutin mengonsumsi kurma menjelang empat minggu persalinan akan mengurangi risiko induksi. Luar biasa sekali manfaat kurma ini.

Ibu yang baru saja melahirkan dianjurkan untuk memakan kurma agar kondisi ibu segera pulih. Kurma matang membantu produksi ASI pada ibu yang sedang menyusui anaknya. Dengan kata lain, ibu menyusui bisa memakan kurma secara rutin untuk menghasilkan ASI yang berlimpah dan berkualitas.

Mengatasi Sembelit

Penyakit sembelit disebabkan oleh kurang mengonsumsi makanan yang berserat. Jika terus-menerus dibiarkan, akan menyebabkan penyakit ambeien atau wasir. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi kurma setiap hari agar sembelit tidak lagi Anda derita karena kurma adalah buah-buahan yang kaya akan serat.

Mempercantik Kulit

Vitamin A, C, dan E yang terkandung pada kurma membantu kulit untuk meregenerasi sel sehingga terhindar dari penuaan dini dan kulit menjadi tetap mulus. Rasakan manfaat kurma pada kulit Anda.

Apa Manfaat Kurma?

Meningkatkan Fungsi Otak

Aktivitas protein beta amiloid bisa menimbulkan plak pada otak. Plak otak yang menumpuk dapat menganggu kinerja atau komunikasi antar sel otak. Jika sudah begitu, sel otak akan mati dan penyakit alzheimer akan menyerang Anda. Dengan mengonsumsi kurma, aktivitas protein beta amiloid bisa dikurangi.

Pemanis Alami

Kurma kaya akan fruktosa, yaitu gula alami yang terkandung di banyak buah. Nutrisi, serat, dan antioksidannya mampu menggantikan gula putih. Anda bisa membuat pasta kurma untuk mengurangi atau mengganti gula putih.

Baca juga : https://bacabaca.id/gadget-dan-anak-kemajuan-teknologi/

Mencegah Osteoporosis

Pengeroposan tulang atau osteoporosis bisa menyerang siapa saja. Untuk mengatasinya, Anda harus rutin memakan buah kurma agar bisa merasakan manfaat kurma ketika selalu dikonsumsi. Kurma mengandung kalsium, kalium, fosfor, dan magnesium yang baik untuk kesehatan tulang.

Mengontrol Gula Darah

Kandungan serat yang tinggi pada kurma mampu memperlambat atau mencegah kenaikan gula darah pada tubuh. Jika Anda memiliki masala dengan gula darah, sebaiknya Anda mengonsumsi kurma dalam jumlah yang cukup atau sedang.

Masih banyak sekali manfaat dari buah kurma. Anda bisa dengan mudah mendapatkan kurma di toko offline maupun online saat ini. Jadi, Anda bisa rutinkan memakan buah ini dan rasakan manfaat kurma bagi kesehatan Anda. Dengan mengonsumsi kurma dalam jumlah yang cukuo dan tidak berlebihan, Anda akan menjadi jauh lebih sehat dan berenergi. Selalu sedia kurma di rumah, ya.

Tinggalkan komentar