Inilah Berbagai Budaya Lokal Jawa Barat yang Harus Generasi Millenial Ketahui

Inilah Berbagai Budaya Lokal Jawa Barat yang Harus Generasi Millenial Ketahui. Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang terkenal akan warisan kebudayaannya yang cukup kental. Hal ini dapat dilihat dari berbagai jenis kebudayaan yang ada saat ini dan masih tetap dilestarikan oleh masyarakat dengan berbagai upacara adat yang sering dilakukan. 

budaya lokal Jawa Barat

Perlu Anda ketahui bahwa kebudayaan di daerah Jawa Barat ini dipengaruhi oleh 4 sumber di antaranya yaitu Islam, Jawa, Hindu/Buddha, dan berbagai kebudayaan Barat. Hal inilah yang menyebabkan kebudayaan Jawa Barat yang sangat beragam.

Maka dari itu, untuk lebih jelasnya dalam ulasan kali ini kita akan mengetahui berbagai budaya lokal Jawa Barat yang harus generasi millenial ketahui!

Berbagai Budaya Lokal Jawa Barat

Kesenian Lokal Jawa Barat

Salah satu budaya lokal yang sangat banyak macamnya di Jawa Barat adalah kesenian. Mulai dari seni tari, seni musik, seni pertunjukan, dan yang lainnya. Seni tari paling populer yang masih dijaga kelestariannya sampai saat ini adalah Jaipong. Seorang penari Jaipong akan diiringi oleh alat musik tradisional khas Sunda dengan mengenakan suatu pakaian khas yang dinamakan Kebaya.

Sementara itu, seni pertunjukan yang sering ditampilkan yaitu wayang golek. Seni pertunjukan yang satu ini berupa boneka dari kayu yang dimainkan oleh seorang dalang dengan alur cerita dan tokoh yang sudah ditentukan. Pada umumnya antara seni pertunjukan wayang golek, seni musik, dan seni tari ini digabungkan menjadi suatu pertunjukan yang sangat dinikmati oleh banyak orang. Inilah budaya lokal Jawa Barat yang seharusnya terus dilestarikan terutama oleh generasi millenial saat ini.

Pakaian Adat

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya bahwa pakaian adat yang digunakan oleh masyarakat Jawa Barat khususnya suku Sunda yaitu kebaya untuk perempuan, dan salontreng untuk pakaian laki-laki. Meskipun pakaian adat ini sering digunakan oleh masyarakat biasa, namun saat ini pakaian adat Sunda ini telah banyak diinovasi oleh para desainer muda sehingga lebih modern tetapi tidak menghilangkan ciri khasnya tersendiri.

Bahasa

Bahasa adalah salah satu unsur kebudayaan yang digunakan untuk melakukan interaksi atau komunikasi satu sama lain. Adapun bahasa yang sering digunakan oleh masyarakat dan menjadi budaya lokal Jawa Barat yaitu bahasa Sunda. Menariknya, di dalam bahasa Sunda ini terdapat undak usuk basa atau tatakrama dalam berbahasa yang mengartikan bahwa banyak sekali kosakata yang bisa dipakai oleh masyarakat walaupun masih memiliki makna yang sama.

Apa yang Anda Ketahui Dari Budaya lokal Jawa Barat?

Tatakrama dalam bahasa Sunda ini dibagi menjadi 3 di antaranya yaitu basa kasar, basa loma, dan basa hormat. Tentunya ketiga jenis tatakrama bahasa Sunda ini ditujukan kepada orang yang berbeda-beda. Seperti contohnya basa kasar yang sangat tidak disarankan ketika melakukan interaksi atau komunikasi dengan orang lain. Namun pada umumnya, masyarakat Jawa Barat sering menggunakan basa kasar ini ketika sedang marah. Basa loma merupakan tatakrama bahasa Sunda yang biasa digunakan untuk kawan atau teman yang sudah akrab. Sedangkan basa hormat digunakan untuk berkomunikasi dengan orang yang lebih tua.

Baca juga sejarah lawang sewu

Senjata Tradisional

Budaya lokal Jawa Barat lainnya yang harus diketahui oleh para generasi millenial adalah senjata tradisional. Senjata ini merupakan suatu perkakas ataupun alat yang sering digunakan oleh masyarakat zaman dulu untuk berladang ataupun berburu. Nah, untuk senjata tradisional masyarakat Jawa Barat yang paling populer adalah kujang.

Pada awalnya kujang ini memang ditujukan untuk bercocok tanam dan juga berburu. Namun seiring dengan perkembangan zaman, terdapat kujang pusaka yang dipercaya memiliki kekuatan magis tertentu oleh sebagian orang. Maka tidak heran jika saat ini kujang dijadikan sebagai lambang keagungan yang biasanya sering digunakan ketika menyelenggarakan upacara adat.

Nah itulah berbagai budaya lokal Jawa Barat yang harus diketahui dan tentunya dilestarikan oleh para generasi millenial. Warisan kebudayaan ini harus dijaga dengan baik, karena kalau bukan kita yang akan menjaganya siapa lagi? Semoga ulasan mengenai hal ini bisa menambah wawasan bagi kita semua ya.

Tinggalkan komentar