Wajib Tahu, Budaya Lokal Indonesia yang Mendunia!

Wajib Tahu, Budaya Lokal Indonesia yang Mendunia! Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki kekayaan alam sangat melimpah, baik itu di darat maupun di laut. Namun ternyata bukan hanya kekayaan alamnya saja yang melimpah, warisan kebudayannya pun sangat kaya dan beranekaragam. Maka tidak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang berdatangan ke tanah air untuk melihat seperti apakah warisan kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia.

budaya lokal Indonesia

Perlu Anda ketahui bahwa terdapat budaya lokal Indonesia yang sudah mendunia dan diakui oleh UNESCO lho. Berikut ini penjelasannya!

Budaya Lokal Indonesia yang Sudah Mendunia

Angklung

Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Alat musik yang satu ini terbuat dari bambu dan menjadi budaya lokal Indonesia yang mendunia. Pada tanggal 18 November 2010 yang lalu, UNESCO menetapkan bahwa angklung merupakan warisan budaya dunia yang dikukuhkan di Kenya. Adapun untuk kategorinya sendiri angklung ini termasuk ke dalam The Intangible Heritage (warisan budaya tak benda).

Tentunya alat musik angklung ini pun memiliki nilai-nilai tersendiri yang bisa diambil oleh masyarakat di antaranya yaitu saling menghormati, kerja sama, dan saling mengharmonisasi satu sama lain.

Tari Saman

Selanjutnya, budaya lokal Indonesia yang juga mendunia dan sudah diakui oleh UNESCO adalah Tari Saman. Tari tradisional ini berasal dari Aceh tepatnya Suku Gayo yang dikembangkan oleh salah seorang ulama disana yang bernama Syekh Saman. UNESCO menetapkan Tari Saman sebagai warisan budaya dunia pada 24 November 2011.

Apabila dilihat dari asal usulnya, Tari Saman ini digunakan sebagai suatu media untuk menyebarkan agama Islam. Namun seiring dengan perkembangan zaman, tarian tradisional ini pun sering dipertunjukan untuk merayakan berbagai macam peristiwa penting seperti memperingari hari lahirnya Nabi Muhammad SAW. Adapun nilai-nilai yang bisa kita ambil dari Tari Saman adalah kekompakan, sopan santun, kebersamaan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Wayang

Wayang merupakan suatu budaya lokal Indonesia yang sangat banyak jenisnya. Mulai dari wayang golek, wayang kulit, wayang orang, wayang kancil, dan lain-lain. Tentunya berbagai macam wayang yang telah disebutkan ini terbuat dari bahan, bentuk, bahkan alur cerita yang berbeda-beda. Pada umumnya seseorang yang akan memainkan wayang ini dikenal dengan dalang yang juga akan menentukan alur cerita dari pertunjukan wayang tersebut.

Keunikan dari seni pertunjukan wayang ini menyebabkan banyak orang yang tertarik, bukan hanya orang-orang dalam negeri saja namun wisatawan dari mancanegara pun umumnya sangat menyukai seni petunjukan yang satu ini. Hal ini dikarenakan wayang tidak hanya berfungsi sebagai sarana pertunjukan atau hiburan semata namun terdapat tuntunan dan juga suri tauladan bagi para penonton. Maka tidak heran jika UNESCO pun menetapkan wayang sebagai warisan budaya dunia pada 7 November 2003.

Baca juga budaya lokal Jawa Barat

Keris

Jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai warisan budaya lokal Indonesia yang diakui oleh UNESCO pada keseniannya, kali ini terdapat salah satu senjata tradisional yang juga telah mendunia dan telah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia yaitu keris pada 25 November 2005. Ketika Indonesia masih berada pada masa kerajaan, keris ini merupakan senjata yang digunakan oleh anggota kerajaan untuk bisa melindungi diri.

Nilai sejarahnya yang terbilang cukup panjang ini menyebabkan keris berhasil dinobatkan sebagai warisan budaya Indonesia yang diakui oleh dunia. Hal ini tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia karena masih ada negara lain yang juga masih memperjuangkan senjata tradisional yang dimilikinya untuk menjadi warisan budaya dunia seperti halnya keris.

Batik

Dari segi fashion, Indonesia sudah berhasil mendapatkan pengakuan dari UNESCO dimana batik menjadi budaya lokal Indonesia yang diakui oleh dunia sebagai warisan budaya yang patut untuk dilestarikan. Pengukuhan ini ditetapkan pada 2 Oktober 2009, sehingga tidak heran jika saat ini setiap tanggal 2 Oktober selalu diperingati dengan Hari Batik Nasional.

Demikianlah ulasan mengenai budaya lokal Indonesia yang sudah berhasil mendunia dan telah dikukuhkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia. Maka dari itu, tugas kita sebagai generasi muda adalah terus menjaga dan tetap melestarikan warisan tersebut!

Tinggalkan komentar