Cara Membersihkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami

Cara Membersihkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami – Jerawat merupakan salah satu masalah kulit wajah yang sering dialami. Walaupun tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh, namun rasa nyeri dan bengkaknya bisa membuat banyak orang tidak nyaman. Keberadaan jerawat juga membuat penampilan menjadi kurang menarik.

cara membersihkan jerawat secara alami

Jerawat bisa terjadi karena adanya penyumbatan pada tempat tumbuhnya rambut oleh sel kulit mati maupun sebum. Terdapat beberapa jenis jerawat yang biasanya ditemui, yakni jerawat normal dengan ukuran yang kecil, lunak dan berwarna kemerahan, jerawat kistik, dan jerawat batu. Anda bisa membersihkan jerawat ringan dan sedang secara mandiri, namun jerawat yang parah sebaiknya di tangani oleh dokter kulit untuk mencegah infeksi.

Terdapat beberapa cara membersihkan jerawat secara alami yang bisa Anda coba di rumah. Bahan yang digunakan untuk membersihkannya merupakan bahan yang tidak mengandung bahan kima, sehingga aman dan tidak merusak kulit wajah Anda.

Apa Saja yang Bisa Anda Gunakan Untuk Membersihkan Jerawat?

Melakukan Kompres dengan Es Batu

Untuk mengurangi bengkak, rasa gatal, panas dan nyeri pada jerawat, Anda bisa menggunakan es batu sebagai kompres. Secara perlahan oleskan es batu pada jerawat dengan gerakan memutar yang lembut. Anda juga bisa melapisi es batu dengan kain untuk mengurangi rasa dinginnya yang menyengat.

Anda bisa melakukan kompres 1-3 kali sehari, tergantung dari kondisi jerawat Anda. Penggunaan es batu dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran, minyak, serta membekukan pori-pori di sekitar jerawat. Rasa nyeri dan bengkak jerawat juga akan menghilang setelah pemakaian yang rutin.

Menggunakan Putih Telur

Selain ampuh untuk menghilangkan komedo, putih telur ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat berjenis batu. Cara membersihkan jerawat batu dengan putih telur adalah menempelkan putih telur yang sudah di beri perasaan lemon ke tempat tumbuhnya jerawat batu. Anda bisa mendiamkannya selama 10 sampai 20 menit atau hingga kering. 

Setelah kering Anda bisa membilasnya dengan air yang bersih. Penambahan perasan lemon bisa membantu memaksimalkan putih telur untuk membunuh bakteri penyebab munculnya jerawat batu. Anda bisa melakukan masker putih telur secara rutin untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Memakai Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang digunakan untuk membersihkan jerawat. Di dalam lidah buaya terkandung polifenol yang bermanfaat untuk membunuh bakteri. Dengan menggunakan lidah buaya secara teratur, Anda bisa mendapatkan kulit wajah yang bersih dan bebas dari jerawat biasa maupun jerawat batu.

Baca juga : Baca juga : https://bacabaca.id/riset-serba-serbi-keyword/

Cara membersihkan jerawat dengan cepat memakai lidah buaya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan gel yang terdapat dalam lidah buaya, ratakan ke tempat jerawat tumbuh seperti penggunan masker. Setelahnya diamkan selama 20 menit dan bersihkan dengan air mengalir yang bersih.

Bagaimana Cara Mengatasi Jerawat?

Menggunakan Cuka Apel

Kandungan antiseptik yang terdapat dalam cuka apel ternyata ampuh untuk membersihkan jerawat. Selain membersihkan, ternyata cuka apel juga bisa menghilangkah bekas jerawat apabila digunakan secara rutin. Penggunaan cuka apel di bandingkan dengan obat kimia di pilih banyak orang karena caranya yang praktis dan mudah.

Cara membersihkan jerawat dan bekas jerawat menggunakan cuka apel bisa dilakukan dengan waktu yang singkat. Ambil 1-2 sendok cuka apel, oleskan ke tempat jerawat menggunakan kapas, dan diamkan sekitar 5-7 menit. Setelah kering, Anda bisa membilasnya menggunakan air yang bersih.

Memakai Buah Alpukat

Selain digunakan sebagai masker, alpukat juga terbukti bisa membersihkan jerawat apabila digunakan secara rutin. Anda cukup menghaluskan buah alpukat dan menambahkan satu sendok madu untuk mengencerkannya. Anda bisa mengoleskannya saja pada bagian berjerawat atau memilih untuk mengoleskannya di seluruh wajah.

Diamkan masker tersebut selama setengah jam, kemudian bilas dengan air bersih. Kandungan vitamin E yang tinggi pada alpukat bisa membuat kulit wajah Anda menjadi lebih halus, sehat, dan mengurangi peradangan pada jerawat. Anda bisa menggunakanya secara rutin sebagai masker mingguan untuk menjaga kulit tetap bersih.

Menghindari Jerawat

Terdapat beberapa kebiasaan untuk menghindarkan jerawat dari kulit wajah. Anda bisa melakukan kebiasaan ini setiap hari sebagai cara mengatasi jerawat dan mencegah pertumbuhannya.

  1. Membersihkan wajah secara teratur, minimal dua kali sehari menggunakan sabun cuci muka sesuai dengan jenis kulit wajah. Dengan begitu tidak ada kotoran, bakteri, dan minyak sebum yang menumpuk di folikel dan pori-pori kulit.
  2. Gunakan tabir surya dan hindari terkena sinar matahari secara langsung, khususnya ketika beraktiftas di luar ruangan.
  3. Anda bisa membasuh jerawat dengan air hangat dan sabun pembersih atau obat jerawat agar tidak bengkak dan lebih cepat kering, jika memang di perlukan.

Timbulnya jerawat bisa disebabkan berbagai hal, mulai dari faktor genetik, pola hidup yang kurang sehat, hingga konsumsi makanan tertentu yang bisa menyebakan jerawat lebih cepat tumbuh. Dengan mengetahui penyebabnya, cara mengatasi jerawat bisa di sesuaikan dengan menghindari masalah yang memicunya.

Tinggalkan komentar