Inilah 7 Cara Menanam Tanaman Hias Daun Puring Secara Benar

tanaman hias daun puring
tanaman hias daun puring

Inilah 7 Cara Menanam Tanaman Hias Daun Puring Secara Benar. Cuaca yang panas dan sering membuat orang menjadi gerah, hal tersebut banyak disebabkan karena minimnya tanaman atau tumbuhan disekitar rumah. Oleh sebab itu, perlu adanya inisiatif atau ide untuk mulai memperbanyak penanaman tumbuhan atau tanaman. Selain itu, untuk memperindah keadaan sekitar maka tidak ada salahnya menanam beberapa tanaman hias.

Namun, perlu diketahui menanam tanaman hias tidak sama dengan menanam tanaman pada umumnya. Menanam tananam hias mempunyai cara dan tenik tersendiri, karena jika perawatannya salah maka tidak akan mendapatkan hasil yang diharapkan. Oleh sebab itu, perlu adanya sosialisasi atau praktek cara menanam tanaman hias yang benar. Jika kalian ingin memulainya, maka bisa menyimak beberapa cara menanam tanaman daun puring di bawah ini.

Pembibitan Dengan Baik

Salah satu hal yang harus dilakukan untuk menghasilkan tanaman hias daun puring yang baik, ialah pembibitan dengan baik dan cermat. Selain itu, kalian dapat melakukan penyetekan atau pencangkokan pada batang.

Dalam melakukan pencangkokan tau penyetekkan, kalian tidak boleh sembarangan dalam memilih batang, karena dapat menghasilkan tanaman yang tidak kuat atau gampang terserang penyakit. Batang yang harus dipilih ialah memilih yang kuat dan sehat. Caranya yaitu dengan mengerok bagian batang sudah disiapkan, lalu bersihkan lendir dengan kain.

Menunggu Akar Hingga Muncul

Hal yang perlu kalian perhatikan jika melakukan pembibitan tanaman hias daun puring dengan cangkok, yaitu setelah ditutup dan diberi tanah, maka harus menunggunya sampai muncul akarnya. Setelah akarnya muncul, maka kalian baru bisa memotongnya dari daun bunga.

Menyiapkan Tanah yang Subur

Setelah kalian mendapat bibit yang unggul dari daun puring, langkah yang tidak kalah penting berikutnya adalah menyiapkan tanah yang subur. Pada langkah ini bisa menjadi hal terpenting, karena menentukan pertumbuhan dari tanaman hias ini. Selain itu, tanahg yang subur dapat memberikan tanaman hias yang bagus, dan memudahkan dalam perawatanya.

Penggemburan Tanah Dengan Tepat

Tahapan berikutnya, yang perlu kalian lakukan dalam menanam tanaman hias daun puring adalah melakukan penggemburan tanah. Penggemburan tanah pada tanaman hias berfungsi agar udara dapat mudah masuk ke dalam tanah, sehingga dapat membuat kelancaran serta bisa menghasilkan tanaman yang di inginkan.

Perlu diperhatikan, bahwa menanam atau merawat tanaman hias tidaklah sama dengan merwat tanaman lain, jadi yang dibutuhkan selain dari keuletan dan kecermatan, yaitu kesabaran. Sabar dalam merawat dan melakukan pengawasan. Jadi jika menemukan sesuatu yang tidak normal dari tanaman, bisa langsung diantisipasi.

Baca juga artikel lain di : https://bacabaca.id/

Mencampurkan Pupuk ke Dalam Tanah

Berikutnya yang tidak boleh dilupakan yaitu mencampurkan pupuk ke dalam tanah. Pupuk yang digunakan bisa dari pupuk kandang maupun pupuk kompos. Mengenai manfaat pupuk ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, karena untuk menjaga kadar nutrisi dan protein tanah. Selain itu, tanah yang sehat juga bisa menentukan kualitas tanaman hias daun puring.

Membuat Lubang yang Sesuai

Untuk membuat tanaman ini tumbuh optimal dan kuat, maka kalian perlu membuat lubang yang sesuai, dengan ukuran sekitar 5c m sampai 10 cm. Perlu kalian pahami juga, hal tersebut dilakukan, bukan secara kebetulan, tapi bertujuan agar tanaman hias bisa tumbuh dengan kuat serta sehat.

Menyiramnya dengan Rutin

Tanaman hias yang mulai tumbuh harus dijaga dan diberi banyak perhatian, salah satunya yaitu dengan menyiramnya dengan rutin. Oleh karena bisa dibayangkan ketika kalian membiarkan saja, bahkan tidak rutin dalam menyiram, maka bisa dipastikan tanaman hias daun puring yang kalian dambakan tidak akan bertahan lama.

Penyiraman dengan rutin dapat mempercepat pertumbuhan, karena sebagian bahan untuk membantu fotosintesis. Selain itu, dalam menyiram tanaman hias, kalian tidak boleh juga berlebihan, yang justru membuat unsur hara pada tanah hilang. Jadi, kalian harus bisa  menjaga kerutinan dalam merawat dengan memberi air secara rutin.

Oke demikianlah teman-teman, semoga artikel tentang tanaman hias daun puring ini dapat menginspirasi kalian untuk mempraktekkannya. Selain itu, uraian di atas besar harapan bisa bermanfaat bagi semua orang yang membaca ataupun menyimak uraiannya.

Tinggalkan komentar