Cara Menemukan PCR Test Terdekat dengan Mudah

Cara Menemukan PCR Test Terdekat dengan MudahPolymerase Chain Reaction atau biasa disebut dengan pemeriksaan PCR merupakan pemeriksaan yang dilakukan di laboratorium dan digunakan untuk mendeteksi adanya keberadaan material genetik yang berasal dari bakteri virus ataupun sel. Kini pemeriksaan ini juga kerap digunakan untuk mendiagnosis covid 19 yang menjadi pandemi di seluruh dunia.

PCR tes terdekat

Baca juga artikel lain di : https://bacabaca.id/

Cara pemeriksaan ini yaitu dengan mendeteksi material genetik yang berhubungan dengan virus covid-19. Material genetik pada setiap sel termasuk didalamnya virus atau bakteri bisa berupa RNA (Ribonucleic Acid) atau DNA (Deoxyribonucleic Acid). Kedua materi genetik ini secara umum dapat dibedakan berdasarkan dari jumlah rantai yang ada di dalamnya.

Mengenal tes PCR

DNA selama ini banyak disebut-sebut untuk mengetahui genetik antara anak dan orang tua umumnya dengan rantai ganda sedangkan RNA adalah material genetik yang didalamnya terdapat rantai tunggal. DNA dan RNA yang terdapat pada tiap spesies makhluk hidup tentunya memiliki informasi genetik yang cukup unik. Virus Corona termasuk ke dalam jenis virus yang dideteksi melalui RNA.

Keberadaan RNA dan kemudian yang akan dideteksi melalui teknik perbanyakan atau amplifikasi pada PCR. Saat Anda melakukan pemeriksaan di PCR test terdekat maka akan diketahui material genetik dari jenis penyakit karena infeksi virus atau bakteri yang nantinya dapat membantu diagnosis penyakit.

Diagnosis Covid 19 dengan PCR

Prosedur pemeriksaan yang dilakukan umumnya diawali dengan pengambilan lendir, sampel dahak, cairan nasofaring yang berada antara tenggorokan dan hidung, orofaring yaitu yang ada antara mulut dan tenggorokan pasien yang dites dan diduga terinfeksi virus Covid 19.

Pengambilan sampel lender atau dahak ini dengan menggunakan metode swab. Untuk prosedurnya tidak menimbulkan rasa sakit dan kerap memakan waktu yang singkat hanya sekitar 15 detik saja. Sampel dahak tersebut akan diteliti di laboratorium.

virus Corona yang menjadi penyebab COVID-19 adalah virus RNA, maka untuk dapat mendeteksi virus harus melakukan pemeriksaan di PCR test terdekat. Tahap awal akan dimulai dengan proses konversi atau perubahan RNA menjadi DNA yang telah ditemukan di sampel.

Mengapa Perlu Memlih PCR Test Terdekat?

Proses pengubahan RNA virus agar menjadi DNA tersebut dilakukan dengan penggunaan enzim reverse-transcriptase, sehingga teknik pemeriksaannya dilakukan dengan mengubah menjadi DNA dan pendeteksiannya disebut dengan RT- PCR atau singkatan dari reverse-transcriptase polymerase chain reaction.

Setelah RNA berhasil diubah menjadi DNA, maka selanjutnya alat PCR melakukan amplifikasi atau proses perbanyakan materi genetik agar nantinya dapat terdeteksi. Jika mesin selanjutnya mendeteksi RNA virus Corona yang dilakukan pada lender atau sampel dahak yang diperiksa, maka hasilnya pasiean tersebut positif.

Memastikan Hasil dari Rapid Test Melalui PCR

Perlu diketahui bahwa rapid tes bukan untuk mendiagnosis Covid 19, namun hanya pemeriksaan skrining atau penyaring yang dapat mendeteksi antibodi IgM serta IgG yang dihasilkan saat tubuh  terpapar Corona.

Hasil positif dari rapid test juga bukan penentu terinfeksi atau tidak. Penyebabnya IgM dan IgG yang terdeteksi dibentuk oleh tubuh karena terpapar virus lain. Hasil seperti ini biasanya disebut dengan hasil positif yang palsu (false positive).

Inilah pentingnya dilakukan tes selanjutnya dengan mengunjungi tempat tes terdekat untuk memastikan hasil yang sebenarnya dari rapid test. Pemeriksaan ini dianggap cukup akurat untuk memastikan terpapar covid 19 atau tidak.

Lalu dimanakah tempat tes yang terdekat? Anda dapat mencari tahu secara langsung di Halodoc. Temukan PCR test terdekat dengan tempat Anda, pilih dokter yang diinginkan dan membuat jadwal temu untuk melakukan tes. Tidak perlu bingung lagi karena hanya dengan membuka website atau aplikasinya, Anda juga bisa mendapatkan informasi kesehatan lainnya yang dibutuhkan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar