Tutorial Lengkap Cara Mengubah PDF ke Word, Cobain Yuk!

Tutorial Lengkap Cara Mengubah PDF ke Word, Cobain Yuk! Mengirimkan file dalam bentuk PDF tentu hal yang biasa dilakukan dalam hal tertentu. Namun, sering kali dijumpai masalah berupa kesulitan dalam proses editing. Solusi dari masalah ini adalah dengan mengubah dokumen PDF ke dalam bentuk word atau doc sebelum diediting.

cara mengubah PDF ke word

Tidak jarang ada masalah lain yang timbul, yaitu kesulitan dalam mengubah format dokumen tersebut. Padahal pengubahan format dokumen tersebut terbilang mudah untuk dilakukan. Sebab ada beragam cara untuk mengubah bentuk PDF ke word yang bisa ditempuh dan disesuaikan dengan keadaan.

Cara Mengubah File PDF ke Word Melalui Ponsel

Cara mengubah PDF ke word yang pertama dengan menggunakan ponsel merupakan pilihan banyak orang. Hal ini dikarenakan sebagian besar orang sudah memiliki hp. Selain itu, ponsel sangat mudah untuk digunakan di mana saja. Caranya cukup dengan mengunduh aplikasi Convert PDF To Word. Aplikasi tersebut bisa ditemukan di Play Store dengan mudah.

Selain itu, langkah dari proses pengubahan tersebut terbilang mudah dan cepat. Langkah demi langkah untuk mengubahnya, di antaranya:

  1. Langkah yang paling utama adalah mengunduh kemudian memasang aplikasi Convert PDF to Word.
  2. Langkah selanjutnya dengan membuka aplikasi dan memilih file PDF yang ingin diubah. Nantinya akan ada dua pilihan, antara doc atau docx setelah memilih opsi Select Output Format.
  3. Langkah yang terakhir adalah dengan mengeklik yang bertuliskan Convert. Setelahnya, tunggu proses pengubahan hingga selesai selama beberapa menit. Ukuran file PDF yang diubah berpengaruh terhadap lama atau tidaknya proses tersebut.

Pada dasarnya cara mengubah PDF ke Word melalui hp dapat menggunakan aplikasi yang lain. Mengingat masih ada banyak aplikasi yang dapat dicoba. Mulai dari Able2Extract, Office Converter, File Converter, DocToPDF, dan masih banyak yang lainnya. Semua aplikasi pengubah tersebut bisa didapatkan melalui Play Store.

Bagaimana Cara Mengubah PDF ke Word di Laptop?

Selain hp, media komunikasi yang dimiliki banyak orang adalah laptop. Cara mengubah PDF ke word melalui laptop pun tidak kalah mudah dari cara yang sebelumnya. Baik secara offline ataupun online bisa dilakukan dengan laptop.

Namun, cara offline membutuhkan aplikasi tambahan dalam proses pengubahannya. Oleh karena itu, yang akan dijelaskan di sini adalah cara online agar mudah diikuti. Langkah yang harus diikuti, antara lain

  1. Langkah terpentingnya adalah mengunjungi situs mengubah PDF yang gratis. Convert Online Free ialah salah satu situs gratis yang dapat dipilih.
  2. Selanjutnya, ke bagian PDF To Word untuk mengunggah file yang nantinya akan diubah. Caranya dengan mengeklik tombol Choose File dan tekan bagian Open untuk ke langkah berikutnya.
  3. Klik tulisan Convert dan tunggu hingga proses pengubahan selesai dalam hitungan menit.
  4. Langkah yang terakhir adalah mengunduh file yang telah berubah tersebut ke dalam laptop.

Mengubah File PDF ke Word Online

Selain dua cara mengubah PDF ke word yang dijelaskan di atas, masih ada yang lain yaitu cara online. Cara yang bisa diterapkan secara online adalah dengan menggunakan Google Docs.

Bagian terpentingnya ialah, cara ini yang termasuk ke dalam salah satu termudah. Mengingat yang dibutuhkan hanya akun Google yang sudah terdaftar saja. Langkah mudah mengubah PDF ke word online, antara lain:

  1. Langkah awalnya adalah mengunjungi halaman Google Docs. Setelah itu, barulah masuk dengan akun Google yang dimiliki.
  2. Sesudahnya di bagian Template Gallery, pilih opsi Blank.
  3. Langkah seterusnya adalah memilih Menu File dan buka menu tersebut.
  4. Sesudah itu, pilihlah tab Upload dan unggah file PDF yang hendak diubah. Tunggu proses pengunggahan file tersebut hingga rampung.
  5. Langkah yang terakhir adalah memilih Menu File ketika sudah selesai proses pengunggahan. Setelah itu, pilih Download As dan pilih Microsoft Word kemudian diakhiri dengan menekan tombol Save. File PDF pun telah berubah dan tersimpan di komputer dengan sendirinya.

Mengubah PDF ke Word 2010

Terkadang masih ada banyak orang yang bingung cara untuk mengubah PDF ke Word satu ini. Tidak jarang di antara mereka ada yang menyerah di tengah jalan, padahal caranya cukup mudah. Cukup dengan menggunakan software UniPDF. UniPDF ini adalah sebuah aplikasi yang dapat diakses secara gratis guna mengubah PDF ke bentuk word atau doc.

Baca juga artikel menarik lain di Bacabaca.id

Aplikasi tersebut juga bisa digunakan untuk hampir seluruh OS Windows, termasuk Windows 2010. Berikut adalah langkah dari tutorial mengubah PDF ke word 2010 yang dapat diikuti kebanyakan orang, antara lain:

  1. Langkah awalnya adalah dengan mengunduh dan juga memasang UniPDF ke PC.
  2. Langkah yang kedua, operasikan aplikasi UniPDF dan pilih tap Settings. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa Word Format yang dipilih bukan rtf tapi doc. Apabila belum diubah, maka ganti terlebih dahulu menjadi doc kemudian Save.
  3. Langkah berikutnya adalah mencari file yang nantinya akan diubah. Caranya dengan menekan tombol Add atau bisa juga dengan drag and drop di Windows Explore.
  4. Nantinya akan muncul nama file dan lengkap dengan jumlah halamannya. Setelah itu, pilih opsi Word pada Output Format.
  5. Langkah yang paling terakhir adalah dengan menekan tombol Convert. Kemudian tunggu hingga prosesnya selesai dan proses pengubahan tersebut selesai.

Namun, ketika menambahkan file PDF dan pada tab status dan setelahnya bertuliskan “need password”. Maka PDF tersebut tidak bisa diubah menggunakan UniPDF karena dilindungi. Tidak hanya itu, UniPDF membatasi pengubahan file sebanyak 3 kali dalam satu harinya.

Itu tadi beragam cara mengubah PDF ke word yang dapat disampaikan dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar