Gadget Dan Anak Ditengah Kemajuan Teknologi

Gadget Dan Anak Ditengah Kemajuan Teknologi haruslah mendapat perhatian yang cukup serius karena akan berakibat pada masa depannya nanti. Karena tak sedikit anak yang mengalami berbagai penyakit atau pun berubah sifat sebab terlalu sering menggunakan gadget.

Gadget dan anak

Gadget seperti ponsel sekarang ini bukan hanya dimiliki orang dewasa, bahkan tak jarang anak-anak sekolah yang masih kecil pun memainkannya. Untuk beberapa alasan, ponsel dapat membantu mereka unutk mengerjakan berbagai tugas sekolah. Seperti saat sekarang dimana anak-anak diliburkan dan melakukan kegiatan belajar di rumah melalui online.

Dengan merebaknya pandemi COVID-19 sekarang ini, berbagai kegiatan dilakukan dari rumah unutk menghentikan penyebarannya. Belajar, bekerja dan beribah dari rumah menjadi anjuran yang wajib ditaati oleh semua kalangan masyarat. Dengan begitu ponsel menjadi alat penting untuk melakuakan semua kegiatan tersebut.

Tak terkecuali kegiatan belajar anka-anak sekolah yang kini dilakukan secara online, yaitu aplikasi chat seperti whatsapp. Gadget dan anak menjadi sebuah keterkaitan yang saat ini semakin erat terasa. Dengan alasan belajar secara online yang diberikan setiap sekolah saat ini, sehingga semakin banyak waktu dihabiskan  didepan ponsel.

Banyak hal yang harus diwaspadai saat anak menggunakan gadget, apalagi akses mencari berbagai informasi sangat mudah. Tak terbatasnya akses menjadikan anak tak mendapat pengawasan saat menjelajah internet. Disinilah perlunya pengawasan orang tua agar apa yang anak temukan tak menyalahi yang semestinya.

Dengan banyak kejadian yang menimpa para anak serta remaja akibat dari penggunaan ponsel yang salah, membuat semua pihak khawatir. Terkadang ada pula awal dari anak kecanduan bermain ponsel karena tindakan dari orang tuanya sendiri. Demi melihat anak yang tidak rewel, maka diberikan ponsel agar diam.

Saat anak telah mengetahui dan mengalami keasyikan bermain dengan ponsel atau gadget, maka akan perlu waspada. Selain kuota akan cepat habis, anak pun enggan melakukan berbagai aktivitas seperti bermain dengan teman-temannya. Belum lagi pengaruh buruk lainnya, yang mungkin saja menjurus pada tindak kriminal nantinya.

Gadget Dan Anak, Ini Cara Mengatasinya

Gadget seperti ponsel atau pun smartphone kini menjadi sebuah benda yang hampir semua orang miliki. Untuk berbagai alasan orang memilikinya, bahkan Anda pun merasakan manfaat yang ada didalamnya. Namun, jika yang menggunakannya adalah anak-anak yang belum memiliki batasan, maka akan sangat berbahaya.

Dalam beberapa kasus kriminal atau sosial yang menimpa anak, berawal dari kebebasan penggunana sebuah gadget. Dibanyak kota besar, Anda akan menemukan banyak anak-anak yang asyik bermain dengan gadget. Banyak lebih menyukai mengobrol lewat sebuah aplikasi dari pada berinteraksi langsung.

Untuk itu, Anda perlu melakukan beberapa cara agar dapat emgurangi pengaruh buruk pada anak. Terutama pengaruh terhadap perilaku serta perkembangan psikologi anak dan beberapa cara ini dapat Anda coba.

  • Dampingi anak saat bermain.

Saat anak Anda terlihat asyik bermain gadget, akan lebih baik mendampinginya agar apa yang dimainkan atau ditonton sesuai dengan usianya. Gadget dan anak, jangan menjadi sebuah pengaruh buruk karena tak ada pengawasan oleh orang tua. Anak dapat diberitahu apa yang baik dan buruk saat didampingi.

  • Aplikasi pembatas.

Dibanyak smartphone, kini ada aplikasi yang dapat membatasi anak saat menggunakan atau mengakses internet. Parenting control atau mode anak biasanya tersedia untuk dapat memberikan batasan. Sehingga Anda dapat mengatur apa saja yang boleh dan tidak.

  • Batasan waktu.

Ini menjadi salah satu cara yang baik agar anak tak menjadi ketagihan menggunakan smartphone dan tetap beraktivitas. Dengan melakukan pembatasan waktu, anak akan terbiasa mengatur jadwal dan tetap bermain bersama teman-temannya.

Baca juga : https://bacabaca.id/mengenal-beberap-jurusan-smk-indonesia/

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar anak tetap tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya. Gadget dan anak menjadi sebuah masalah yang perlu diperhatikan, agar mengurangi pengaruh buruk yang mungkin timbul karenanya.

Tinggalkan komentar