Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia. Berbicara tentang wisata di Indonesia, tidak ada habisnya. Mulai dari wisata buatan hingga alam seperti gunung. Banyak sekali gunung yang menjulang tinggi yang tersebat di dataran mulai dari Pulau Jawa, Pulau Sulawesi, Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan hingga Pulau Papua.

Gunung tertinggi di Indonesia

Diantara banyaknya gunung yang ada di Indonesia, terdapat beberapa gunung yang memilki ketinggian diatas rata-rata dan bahkan masuk kedalam daftar gunung-gunung tertinggi di dunia. Ketinggiannya bisa menandingi gunung-gunung yang ada di seluruh penjuru dunia. Daftar gunung tertinggi di Indonesia, diantaranya ialah:

Gunung Jaya Wijaya

Gunung tertinggi di Indonesia yang pertama adalah Cartenzs Pyramid atau yang sering disebut sebagai Puncak Jaya Wijaya. Ketinggian dari gunung ini adalah (4. 884) mdpl. Jaya Wijaya sendiri menjadi salah satu seven sumit di dunia. Gunung ini terletak di kepulauan Papua. Yang membedakan gunung ini dengan gunung di Indonesia lainnya adalah di puncak Jaya Wijaya ini terdapat padang salju.

Puncak Mandala

Posisi kedua yag menjadi gunung tertinggi  adalah Puncak Mandala. Gunung inu memiliki ketinggian (4. 760) mdpl. Gunung yang memilki julukan Juliana Top ini sangat terkenal ketika masa kolonial Belanda. Gunung ini mempunyai beberapa kesamaan dengan Gunung Jaya Wijaya, diantaranya keduanya berada di jajaran tanah Papua dan keduanya sama sama diselimuti salju, namun karena global warming salju pun menghilang.

Baca juga : https://bacabaca.id/rekomendasi-wisata-tuban-terbaru/

Apa Nama Gunung Tertinggi di Indonesia?

Puncak Trikora

Puncak Trikora termasuk gunung yang tertinggi juga. Sama seperti dua gunung diatas, Puncak Trikora ini berada di dataran Papua. Gunung ini sendiri memiliki ketinggian (4. 750) mdpl atau setara dengan 15.584 kaki. Yang menjadi daya tarik dsri gunung ini adalah bahwa gunung ini mempunyai beberapa kawasan hutan seperti Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Ericaceous, Hutan Montane, dan Hutan Dipterokarp Atas.

Gunung Ngga Pilimsit

Gunung Ngga Pilimsit terletak di Pegunungan Maoke, Papua Barat. Pada zaman kolonial Belanda, gunung ini disebut dengan nama Gunung Idenburg. Total ketinggian gunung ini adalah (4. 717) mdpl dan menduduki peringkat ke empat dari daftar gunung yang tinggi

Gunung Kerinci

Gunung tertinggi di Indonesia yang selanjutnya adalah Gunung Kerinci yang berada di perbatasan antara Provinsi Jambi dan Sumatera Barat. Gunung ini memiliki ketinggian total mencapai (3. 805) mdpl dan termasuk gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Gunung yang sering dijuluki dengan sebutan Peak of Indapura ini memiliki pemandangan yang elok. Hal ini menyebabkan Taman Nasional Gunung Kerinci termasuk kedalam salah satu warisan dunia UNESCO.

Itu dia beberapa daftar gunung tertinggi di Indonesia yang bisa menjadi referensi dan alternatif Anda semua yang hendak mendaki. Semoga artikel ini bisa memberikan infomasi dan pemahaman bagi Anda semua yang sedang mencari tahu tentang gunung yang ada di Indonesia.

Tinggalkan komentar