Internet of Things dan Penerapannya dalam Kegiatan Sehari-Hari

Internet of Things dan Penerapannya dalam Kegiatan Sehari-Hari. Sejauh ini, Internet of Things (IoT) telah mengalami perkembangan secara signifikan, yang semula berawal dari teknologi nirkabel, kini bertransformasi ke internet. Iot memang mempunyai potensi untuk mengubah dunia melalui internet, bahkan diprediksi mampu menciptakan masa depan yang lebih baik.

Internet of Things

Baca juga artikel lain : https://bacabaca.id/

Maka tidak heran jika saat ini iot telah menjadi bagian dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini tentunya semakin memudahkan manusia dalam memproses berbagai hal. Sehingga, IoTmampu memberikan efektivitas dan efisiensi pada pekerjaan manusia. Lantas, apa saja contoh penerapan Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari? Mari simak pembahasan berikut ini :

sistem E-Tilang

Pada sistem e-tilang ini, menerapkan banyak CCTV yang dipasang di setiap persimpangan kota dan traffic line, di mana terintegrasi dengan data center yang terdapat di kepolisian. Tentunya, kepolisian memiliki data lengkap nomor polisi dari pelanggar lalu lintas tersebut. Selanjutnya, IoT akan mencocokkannya dengan BPKB milik pengguna dan polisi dapat menilang pelanggar lalu lintas tersebut dengan cara mendatangi rumahnya.

Internet of Things yang terintegrasi pada sistem penilangan ini terbilang efektif untuk meminimalisir adanya pelanggar lalu lintas. Selain itu, sistem ini juga cocok jika diterapkan di kota-kota besar yang ada di Indonesia.

Smart Street Lighting System

Bagi Anda  yang sering menonton drama Korea, mungkin Anda sudah tidak asing dengan lampu jalanan yang akan menyala secara otomatis ketika ada pejalan kaki atau pengendara yang lewat. Ya, itu merupakan salah satu hasil dari IoT yang disematkan pada lampu jalanan. Smart street lighting system sangat berguna untuk menghemat energi listrik. Lampu smart ini memang dapat dikendalikan dalam jarak jauh serta dapat memberikan notifikasi jika sudah waktunya untuk diganti.

Apa Kegunaan Internet Of Thing?

Connected Manhole

Internet of Things yang tersemat pada smart city berfungsi untuk memonitor temperature dari gorong-gorong yang berada di bawah kota. Hal ini karena gorong-gorong bukan hanya berfungsi sebagai saluran drainase, tetapi juga berfungsi sebagai jalur pipa gas serta tempat untuk menyimpan kabel.

Waste Management

Benda yang satu ini berfungsi untuk memantau volume sampah dari jarak jauh yang terdapat di suatu tempat penampungan. Dengan menggunakan teknologi ini, maa petugas kebersihan tidak perlu repot-repot mendatangi tempat sampah milik warga hanya untuk memeriksanya. Sebab, petugas kebersihan telah terbantu dengan IoTyang tersemat pada perangkat gadget serta sistem sensor yang terpasang pada truk sampah.

Penerapan Internet of Things ini memang sangat memudahkan manusia dalam melakukan pekerjaan. Tentunya, iot merupakan suatu terobosan baru yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan hidup manusia. Jika indonesia mampu menerapkan iot dalam setiap bidang, maka hal ini akan dapat memperbaiki infrakstruktur yang ada di indonesia.

Itu dia penjelasan singkat mengenai penerapan Internet of Things dalam kehidupan sehari-hari. Mudah-mudahan artikel yang telah dijelaskan di atas dapat semakin membuka cakrawala pengetahuan anda mengenai IoT.

Tinggalkan komentar