Yuk Tengok 7 Kebudayaan Betawi yang Wajib Dilestarikan Generasi Muda!

Kebudaayan betawi

Yuk Tengok 7 Kebudayaan Betawi yang Wajib Dilestarikan Generasi Muda! Indonesia adalah negara berkepulauan yang sangat terkenal di dunia, terdiri lebih dari 17.000 pulau dan wilayahnya juga sangat luas. Sudah bukan hal aneh lagi jika Indonesia memiliki ribuan kebudayaan yang berbeda-beda dan unik di setiap daerah. Salah satu daerah yang memiliki kebudayaan yang sangat menonjol adalah Provinsi DKI Jakarta atau Betawi.

Sebagai generasi muda, ada pentingnya juga untuk mengetahui kebudayaan daerah dan ikut serta melestarikannya. Jakarta memiliki banyak sekali kebudayaan yang masih terkenal sampai sekarang, lho! Yuk simak informasi berikut ini tentang tujuh kebudayaan betawi yang wajib Anda ketahui dan lestarikan!

  1. Ondel-ondel, Ciri Khas Masyarakat Betawi

Kebudayaan betawi yang masih sangat terkenal dan dilestarikan saat ini adalah ikon ondel-ondel. Biasanya ondel-ondel ditampilkan untuk memeriahkan pesta yang digelar oleh rakyat Betawi. Ondel-ondel sendiri adalah boneka raksasa yang memakai pakaian adat Betawi. Warna wajah ondel-ondel dapat Anda bedakan menjadi dua, untuk ondel-ondel laki-laki wajahnya berwarna merah sedangkan ondel-ondel perempuan wajahnya di cat putih.

  1. Musik Tanjidor

Selanjutnya adalah music tanjidor yang menjadi kebanggaan masyarakat betawi dari masa ke masa. Musik tanjidor sering ditampilkan di acara kebudayaan betawi maupun pesta rakyat seperti iring-iringan pengantin. Tanjidor terdiri dari banyak instrumen musik yaitu klarinet, piston, sambal, trombon dan yang lainnya. Kebanyakan alat music tanjidor adalah alat music tiup dan tabuh yang menambah keunikannya.

  1. Tari Cokek

Kebudayaan betawi selanjutnya yaitu Tari Cokek yang sangat melegenda. Tari Cokek identik dengan gerakan tangan gemulai serta gerakan pinggul mengikuti ketukan musik yang mengiringi. Saat melakukan tarian, sang penari biasanya akan mengenakan baju kurung berbahan sutra yang warnanya mencolok seperti merah dan kuning. Tak lupa, penari juga memainkan selendang sehingga penonton akan terpana dengan keindahan tarian yang dipertunjukkan.

  1. Pertunjukan Lenong

Pertunjukan lenong dari Betawi sejak dulu hingga sekarang masih sangat populer di kalangan masyarakat. Lenong adalah seni teater khas Betawi yang menyajikan cerita-cerita rakyat dengan dialog Bahasa Betawi dan terkadang disisipi tarian. Dalam pertunjukan lenong, aktor akan berakting sambil melontarkan pantun-pantun jenaka ataupun bijak. Pertunjukan lenong juga selalu diiringi dengan musik khas Betawi yang menambah keseruan ceritanya.

  1. Silat Beksi Khas Betawi

Silat Beksi merupakan kebudayaan betawi yang harus dilestarikan dalam bidang ilmu bela diri. Silat Beksi sering sekali Anda temui di upacara pernikahan betawi ataupun pentas budaya yang diadakan oleh masyarakat. Awalnya Silat Beksi ini digunakan untuk upaya perlindungan diri rakyat betawi terhadap penjajah Belanda, namun seiring berjalannya waktu, Silat Beksi menjadi tradisi yang tidak pernah lepas dari masyarakat Betawi.

  1. Nyorog

Istilah nyorog mungkin terdengar asing oleh sebagian masyarakat betawi saat ini. Nyorog adalah budaya bagi orang yang lebih muda untuk mendatangi saudara yang lebih tua seminggu sebelum memasuki bulan puasa untuk bersilaturahmi. Mereka yang datang akan membawakan beberapa sembako saat bertamu ke rumah saudara yang lebih tua. Kegiatan Nyorog dimaksudkan untuk memperkuat tali silaturahmi antar saudara.

Baca juga : Wajib Tahu, Budaya Lokal Indonesia yang Mendunia

  1. Palang Pintu Pernikahan

Saat Anda menghadiri pernikahan adat Betawi, sudah bukan hal aneh lagi jika Anda menemui kebudayaan betawi yang satu ini. Budaya palang pintu tidak pernah absen sedikitpun di acara pernikahan putra-putri suku Betawi karena ini merupakan rangkaian acara yang wajib ada.

Biasanya perwakilan rombongan mempelai pria akan ditantang oleh pihak mempelai wanita untuk melakukan suatu pertunjukkan. Pertunjukkannya berupa bela diri, pantun dan kemampuan mengaji. Tradisi palang pintu ini dimaksudkan untuk mencegah orang lain masuk ke wilayah tertentu yang ada di Jakarta. Saat pihak perempuan sudah memberi izin dan membuka pintu, rombongan besan baru diperbolehkan untuk masuk wilayah.

Nah, itulah beberapa kebudayaan dari Jakarta yang wajib Anda ketahui. Selain 7 daftar di atas, masih banyak sekali lho kesenian dan budaya khas betawi yang tidak kalah unik dan menarik. Kebudayaan betawi memiliki sisi unik yang harus dilestarikan oleh generasi muda saat ini, harapannya agar kebudayaan yang sudah ada tidak akan hilang tergerus oleh zaman.

Tinggalkan komentar