Cara Tepat Memperingati Hari Pahlawan di Tengah Pandemi COVID-19

Cara Tepat Memperingati Hari Pahlawan di Tengah Pandemi COVID-19 – Dalam setiap tahunnya, pada bulan November sebagai warga negara Indonesia kita akan menyambut salah satu hari nasional, yaitu Hari Pahlawan yang ditetapkan pada tanggal 10 November.

Memperingati Hari Pahlawan

Sejarah Hari Pahlawan

Mengapa Hari Pahlawan ditetapkan pada tanggal 10 November? Mengulas kembali ke sejarah bangsa Indonesia tepatnya pada tahun 1945, bangsa Indonesia sudah memproklamasikan hari kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Tetapi, hari pahlawan baru ditetapkan pada tanggal 10 November 1945.

Dilihat dari tanggal kronologisnya, berarti bisa disimpulkan bahwa momen yang mendeklarasikan kelahiran hari pahlawan ini adalah suatu kejadian yang terjadi setelah kemerdekaan. Yang mana dalam hal ini terjadi suatu pertempuran antara pasukan Indonesia dengan pasukan asing.

Yang terlibat dalam pertempuran ini yaitu pasukan tentara dan milisi yang berada dalam pihak pro-kemerdekaan dengan pasukan asing dari tentara Britania Raya dan India Britania yang berada dalam pihak kontra terhadap kemerdekaan negara Indonesia. Dengan jumlah orang yang terlibat yaitu sebanyak 20.000 tentara dan 100.000 milisi Indonesia, serta 30.000 tentara dari pihak kontra.

Dari pertempuran ini, tercatat ada 6.000 sampai 16.000 orang yang tewas serta terdapat korban luka-luka sebanyak lebih dari 20.000 orang dari pasukan pro. Sedangkan, korban jiwa dari pasukan kontra tercatat ada sebanyak 600 sampai 2.000 orang dengan korban yang mengalami luka ada skeitar lebih dari 2.000 orang.

Pertempuran ini tercatat terjadi sejak tanggal 27 Oktober 1945 sampai tanggal 20 November 1945. Dengan puncaknya berada pada tanggal 10 November 1945 yang saat ini diperingati sebagai hari pahlawan. Hasil dari pertempuran ini bisa dibilang sangat mengharukan, mulai dari pasukan Britania Raya yang awalnya kontra terhadap kemerdekaan Indonesia, tetapi mereka berubah untuk mendukung perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Dengan cara berhenti secara perlahan-lahan dalam membantu Belanda untuk mendirikan kembali koloninya di Indonesia. Padahal Britania Raya mempunyai pasukan militer yang tidak perlu diragukan lagi kekuatannya, tetapi pada akhirnya mereka berubah menjadi netral dan mendukung kemerdekaan Indonesia.

Pertempuran ini tercatat dalam sejarah sebagai satu-satunya pertempuran yang paling besar dan paling berat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia setelah adanya momen proklamasi kemerdekaan Indonesia. Pertempuran Surabaya ini bahkan dijadikan sebagai simbol nasional perlawanan bangsa Indonesia terhadap kolonialisme.

Sehingga, setelah selesainya pertempuran ini, bangsa Indonesia semakin banyak menerima dukungan baik dari seluruh rakyat Indonesia maupun dukungan secara global dari dunia internasional. Bahkan, beberapa tahun kemudian pun Britania Raya menunjukkan dukungannya secara langsung terhadap bangsa Indonesia di Perserikatan Bangsa-bangsa.

Cara Memperingati Hari Pahlawan di Masa Pandemi

Meskipun peringatan Hari Pahlawan ini tidak ditetapkan menjadi hari libur, tetapi sebagai warga negara yang baik apalagi generasi muda, sudah sepatutnya kita tetap turut memperingati hari nasional yang sangat bersejarah ini. Namun, di masa pandemi COVID-19 ini, pemerintah sudah wanti-wanti memberikan kebijakan dalam memperingati nya kali ini.

Tema yang diusung dalam peringatan Hari Pahlawan kali ini yaitu ‘’Pahlawanku Sepanjang Masa’’, yang mana dapat dimaknai sebagai bentuk motivasi terhadap masyarakat khususnya generasi muda dalam tetap meneruskan perjuangan para pahlawan. Apalagi saat ini kita sedang terjebak dalam pandemi COVID-19 yang masih belum menemukan titik terangnya.

Kementerian Sosial telah mencanangkan tiga agenda acara utama untuk memperingati nya kali ini, yaitu mengadakan upacara ziarah nasional, kemudian dilanjut dengan upacara tabur bunga yang akan dilaksanakan di pinggir pantai, kemudian yang terakhir yaitu upacara penganugerahan terhadap Pahlawan Nasional yang dipandu secara langsung oleh Presiden.

Upacara ziarah nasional ini akan dilakukan di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata yang tepat dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB tanggal 10 November 2020. Dengan Presiden Jokowi sebagai inspektur upacara langsung. Jumlah orang yang hadir untuk ikut berpartisipasi dalam upacara ziarah nasional sangat dibatasi, serta ditekankan untuk tetap mengindahkan protokol kesehatan.

Kemudian, dilanjut dengan upacara tabur bunga yang akan dilaksanakan di perairan Teluk Jakarta dengan jumlah peserta yang sama-sama dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan. Sedangkan, upacara penganugerahan gelar pahlawan nasional akan diadakan secara langsung di Istana Negara yang tentuya juga membatasi peserta yang hadir sesuai dengan protokol kesehatan.

Apa Saja yang Bisa Di Lakukan Untuk Memperingati Hari Pahlawan?

Adapun kegiatan penunjang lainnya yang juga bisa Anda ikuti sebagai bentuk memperingatinya dalam masa pandemi COVID-19 ini, yaitu Anda bisa mengikuti webinar kepahlawanan yang diadakan pada tanggal 9 November 2020 mulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB yang akan diadakan melalui media Zoom dan Youtube.

Webinar Kepahlawanan ini akan mengundang para public figure maupun kalangan masyarakat lainnya yang tentunya sangat inspiratif sehingga layak disebut sebagai pahlawan dalam masa kini. Sehingga, diharapkan dengan adanya webinar ini, Anda akan lebih tersinpirasi untuk terus meneruskan perjuangan para pahlawan dengan lebih mengembangkan lingkungan Anda sendiri.

Webinar Kepahlawanan ini juga sengaja diadakan pada satu hari sebelum Hari Pahlawan itu sendiri, dan juga sengaja diadakan dari pagi sampai tengah malam supaya bisa dihadiri oleh seluruh masyarakat yang mempunyai luang waktu di jam-jam malam dan sebaliknya. Selain acara webinar, ada juga kegiatan penunjang lainnya seperti kegiatan bakti sosial kepahlawanan yang diadakan pada tanggal 10 November.

Baca juga Reog ponorogo berasal dari provinsi

Kemudian, ada juga kegiatan Semarak memperingatinya yang diadakan tepat pada tanggal 10 November dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB. Dalam kegaitan Semarak Hari Pahlawan ini, panitia menyatakan bahwa mereka akan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Bagaimana Cara Memperingati Hari Pahlawan Di Masa Pandemi Seperti Saat Ini?

Sehingga, semarak ini akan diadakan melalui media digital yang dimulai dari pra event yang diisi dengan pengadaan berbagai perlombaan seperti lomba foto pahlawan, lomba busana mirip pahlawan, dan juga lomba kreatif foto pahlawan. Kemudian, pada event semaraknya itu sendiri akan diadakan penyiaran langsung pelaksanaan peringatan serta akan menampilkan beberapa artis ternama sebagai hiburan.

Selain menghadirkan artis dan public figure lainnya, akan ditampilkan pula profil dari pahlawan nasional masa kini, pahlawan yang ada di sekitar kita, dan juga akan ada kuis Hari Pahlawan yang bisa diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia yang tentunya akan menghadirkan hadiah-hadiah menarik di dalamnya.

Keseluruhan rangkaian acara untuk memperingati Hari Pahlawan ini akan disiarkan secara langsung di media penyiaran nasional TVRI dan juga bisa Anda akses melalui Youtube di channel Kementerian Sosial Republik Indonesia. Sehingga, Anda tidak perlu pergi langsung untuk menghadiri acara peringatan ini.

Karena, apabila Anda memaksakan untuk menghadiri acaranya secara langsung pun, dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan diperbolehkan untuk memasuki kawasannya. Karena seperti yang sudah disebutkan bahwa Hari Pahlawan kali ini akan diperingati dengan menerapkan protokol kesehatan secara keseluruhan.

Tetapi meskipun hanya memperingati melalui media digital, diharapkan Hari Pahlawan kali ini tetap menyisakan kesan yang mendalam bagi kita semua.

Tinggalkan komentar