Ketahui Panduan Blooging yang Tepat untuk Blogger Pemula

blogging

Ketahui Panduan Blooging yang Tepat untuk Blogger Pemula – Blog merupakan salah satu sumber informasi yang banyak dicari oleh pengguna internet, apalagi dengan keinginan untuk mengakses informasi dengan  cara yang lebih cepat. Karena itu pengembangan blog bisa menjadi aktifitas yang bermanfaat untuk Anda.

Dengan hadirnya berbagai akses internet dan fitur lainnya, kini aktifitas blogging bisa dilakukan dengan lebih mudah. Konten yang disediakan pun semakin beragam, mulai dari pengalaman pribadi, kesehatan, olahraga, hingga teknologi.

Anda yang ingin memulai aktifitas ini mulai dengan mengikuti langkah-langkah berikut. Apabila dilakukan secara konsisten, Anda bahkan bisa mendapatkan tambahan pemasukan dengan dari aktiftas membuat dan mengelola blog tersebut.

Ketahui Dulu Makna Blogging

Anda tentu tidak asing denganblog, yang merupakan webiste dengan isi berbagai konten. Ada yang merupakan artikel, foto, video, bahkan digunakan untuk melakukan aktifitas bisnis dan jual beli. Topik yang disediakan cukup beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan blogger, ataupun kebutuhan pembaca.

Umumnya blog dibagi menjadi tiga jenis, disesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya, yakni blog pribadi, perusahaan dan bisnis, serta untuk tujuan profesional. Isinya  juga sesuai dengan jenis blog tersebut, ada yang digunakan untuk berbagai pengetahuan, ada pula yang digunakan untuk tujuan marketing.

Ketika Anda melakukan aktifitas blogging, Anda harus mengetahui berbagai aspek yang ada di dalamnya. Diantara yang cukup penting adalah main blog sebagai tempat untuk mengisi postingan, kemudian header blog, hingga footer dan berbagai menu tambahan lainnya.

Apa Perbedaan Blog dengan Website

Banyak orang yang masih belum mengetahui perbedaan antara blog dengan website, padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup mendasar, diantaranya adalah:

  • Isi Konten

Untuk website, konten yang diberikan jauh lebih umuum, bisa merupakan produk maupun pelayanan atas jasa tertentu. Berbeda dengan blog, isinya ceenderung berupa artikel dan konten foto maupun video. Pemilik blog juga bisa menggunakan tema khusus sebagai konten blognya agar pembaca berminat untuk mengunjungi blog yang ia kelola.

  • Komunikasi

Blog memberikan informasi yang jauh lebih interaktif dan non formal, sehingga antara pembaca dengan penulis bisa lebih terbuka. Blogger bahkan bisa melakukan engagement, membuat pembaca lebih nyaman ketika ingin menyampaikan pendapat.

Sedangkan untuk website, komunikasi yang dilakukan cenderung kaku dan formal, kadangkala hanya bersifat satu arah. Ini karena pengelolaan website lebih berfokus pada aspek konten dibandingkan membangun engagement dengan pembaca.

  • Gaya Bahasa yang Digunakan

Ketika Anda melakukan aktifitas blogging, biasanya Anda akan aware dengan tata bahasa yang digunakan. Untuk blog, penggunaan bahasa bisa disesuikan, namun kebanyakan menggunakan gaya bahasa yang lebih personal. Sedangkan untuk website, gaya bahasa cenderung formal dan terkesan profesional.

Cara Membuat Blog Untuk Pemula

Anda yang tertarik untuk membuat dan mengelola blog, bisa mengikuti beberapa tahapan berikut ini, diantaranya adalah:

  • Tentukan Topik

Menentukan topik sebelum blog dibuat akan membuat Anda lebih fokus dalam memilih dan membuat konten. Anda bisa mengembangkan blog lebih baik dengan memilih topik yang jelas, misalnya kesehataan, hobi, ataupun otomotif.

Mengelola blog tidak bisa dilakukan secara instan, ia harus dipelihara dengan baik dengan mengisi konten yang menarik. Karena itu, Anda bisa menggunakan topik yang sesuai minat, selera, atau hobi yang dimiliki.

  • PIlih Platform Blog

Jika sudah menentukan topik yang hendakk digunakan, Anda bisa memulai memilih jenis blog yang ingin digunakan. Pembuatan blog semakin mudah dengan hadirnya platform wordpress dan blogspot, sehingga Anda tidak perlu berkutat dengan berbagai kode bahasa pemrograman.

  • Pilih Layanan Hosting

Aktfitas yang tinggi pada blogging membutuhkan tempat penyimpanan yang mumpuni, sehingga Anda disarankan untuk menggunakan layanan hosting. Saat ini layanan hosting sudah mulai banyak ditemukan, Anda bisa memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan blog yang dikelola.

  • Pilih Domain

Domain merupakan alamat yang digunakan oleh pembaca untuk mengakses blog Anda, karena itu gunakan domain yang mudah diingat. Anda juga disarankan untuk menggunakan domain yang mudah dibaca, sehingga tidak menyulitkan pembaca blog Anda. 

Saran dari blogger profesional mengenai domain adalah membuatnya sesingkat dan sesimpel mungkin. Hindari penggunaan tanda hubung atau angka, apalagi jika Anda tidak menjadi ciri khas dari blog tersebut. Karena penambahan tersebut akan membuat pembaca kesulitan mengakses blog ketika mengetikkan alamatnya.

Untuk mendapatkan infomasi yang lebih lengkap mengenai pembuatan dan pengelolaan blog, Anda bisa mengunjungi situs niagahoster.com. Disana Anda bisa mendapatkan tips yang baik untuk membangun blog, sehingga Anda bisa mengambil manfaat darinya dan membuat blog Anda makin banyak dikunjungi oleh pembaca. Coba simak selengkapnya di www.niagahoster.co.id/blog/blogging/.

Demikianlah berbagai tips, langkah, dan pengelolaan mengenai aktifitas blogging, semoga bisa menambah pengetahuan Anda. Aktifitas dan pengelolaan  blog baiknya dilakukan secara konsisten, dengan begitu Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai pengetahuan dan menambah penghasilan.

Tinggalkan komentar