Yuk Intip Pengertian Data Dalam Statistik Secara Lengkap

Yuk Intip Pengertian Data Dalam Statistik Secara Lengkap. Statistik merupakan salah satu metode yang dapat dilakukan dalam membantu menyelesaikan sebuah penelitian. Memang statistik dirasa sangat memusingkan bagi sebagian orang. Namun ternyata statistik ini sangat membantu dalam menarik sebuah kesimpulan tentang permasalahan yang diteliti.

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya mengenal terlebih dahulu mengenai pengertian dari statistik. Statistik dapat diartikan sebagai sesuatu yang terkait dengan data seperti pengumpulan data, validasi data, maupun proses analisa data. Memang statistik ini sangat membantuk dalam menyajikan kesimpulan dari data yang telah dikumpulkan tersebut.

Pengertian Data Dalam Statistik dan Jenisnya

Data merupakan informasi yang berupa angka terkait dengan karakteristik dari suatu populasi. Adapun beberapa persyaratan data yang bisa digunakan dalam menganalisis menggunakan statistik seperti data yang valid. Selain itu, harus pula disertai dengan reference, objektif, dan data yang relevan agar data tersebut dapat digunakan.

Memang pengumpulan data yang dilakukan harus relevan dan up to date sehingga penelitian yang dilakukan tidak ketinggalan. Adapun informasi lengkapnya dapat dilihat dalam tulisan avandaalvin yang dilengkapi dengan pembahasan jenis data. Namun pembahasan tentang jenis data dalam statistik akan dipaparkan pada penjelasan berikut ini.

1.Berdasarkan Cara Memperoleh Data

Jenis data dikelompokkan berdasarkan cara memperoleh data tersebut seperti jenis data primer dan sekunder. Data primer sendiri dapat diartikan sebagai data langsung yang dikumpulkan peneliti dan diolah secara sendiri. Sedangkan data sekunder diartikan sebagai data yang diperoleh namun secara tidak langsung seperti diperoleh dari pihak lain.

2.Berdasarkan Sifatnya

Pengelompokan jenis data berdasarkan sifatnya dapat dibedakan menjadi data kualitatif, data kuantitatif, data diskrit, dan data kontinu. Data kualitatif diartikan sebagai data tidak dinyatakan dalam bentuk angka sedangkan data kuantitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk angka. Untuk data diskrit sendiri merupakan data yang memiliki batas.

3.Berdasarkan Waktu Pengumpulannya

Berdasarkan waktu pengumpulannya, data dikelompokkan menjadi data Cross Section dan data Time Series. Data Cross Section diartikan sebagai datang yang dikumpulkan pada waktu tertentu sedangkan data Time Series adalah yang dikumpulkan secara terus menerus. Memang pengertian data dalam statistik dan jenis data memiliki makna yang tidak jauh berbeda.

4.Berdasarkan Tipenya

Berdasarkan tipe data, pengelompokan jenis data ada dua yakni data positif maupun data negatif. Data positif merupakan data yang diperoleh untuk menunjukkan angka positif atau menunjukkan adanya sebuah penambahan. Sedangkan data negatif diartikan sebagai data yang dapat menunjukkan angka negatif atau angka mines sehingga menandakan adanya penurunan.

Melihat pengertian data dalam statistik  tentu tidak akan keliru lagi dalam mengartikan hal tersebut. Selain itu, data ini memiliki peran penting dalam mendukung sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh seseorang. Memang tanpa adanya sebuah data, permasalahan tidak akan diselesaikan dengan baik oleh peneliti.

Tinggalkan komentar