Pengetian Digital Marketing, Jenis-Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya

Pengetian Digital Marketing, Jenis-Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya – Di era teknologi 4.0 seperti ini semua kegiatan aktivitas manusia sangat terbantu karena adanya teknologi. Jika Anda adalah seorang pembisnis maka era ini adalah masa emas untuk mengembangkan sebuah usaha. Target pemasaran dan teknik yang digunakan akan semakin luas dan tak terbatas. Anda bisa melakukan promosi penjualan melalui Digital Marketing. Dibawah ini akan dijelaskan mengenai definisi, jenis, tujuan, dan manfaat dari Digital Marketing

Social Media Marketing

Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing adalah sebuah model promosi yang digunakan para pembisnis dalam upaya memperkenalkan produk atau jasa melalui digital dan internet. Media yang digunakan sebagai sarana promosi biasanya adalah media sosial. Dengan adanya media sosial semua orang bisa mengakses dan mengetahui konten yang Anda bagikan. Anda bisa membangun website atau blog sebagai media promosi. Media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan lainnya juga sangat berpengaruh dalam berkembangnya usaha yang Anda jalankan.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Terdapat banyak sekali jenis-jenis digital marketing yang harus diketahui. Anda bisa mempelajari satu persatu dari setiap jenisnya. Sebenarnya Anda bisa mengaplikasikan semua jenis yang ada. Hal ini ditujukan agar semua orang bisa menjangkau apa yang sedang Anda promosikan. Berikut adalah jenis-jenis digital marketing yang harus Anda pahami

Website

Hal utama dalam menjalankan bisnis Anda harus mempunyai alamat website. Anda bisa menggunakan wordpress, blogspot, atau yang lainnya. Dengan adanya website ini menunjukkan bahwa bisnis Anda memang nyata adanya. Selain itu, ketika Anda mempunyai website menandakan bahwa bisnis Anda sudah resmi dan siap untuk diperjual belikan. Isilah konten yang mendukung produk atau jasa yang sedang Anda jalankan. Masukkan beberapa konten soft selling sehingga pembaca tertarik untuk membeli atau menggunakan produk Anda.

Social Media

Jenis Digital Marketing yang kedua adalah Social Media Marketing. Media sosial memang sangat membantu Anda dalam melakukan promosi. Terlebih lagi biaya yang dikeluarkan juga sangat sedikit bahkan gratis. Dari sini, Anda bisa menghemat biaya promosi pada anggaran bisnis. Social media yang bisa Anda gunakan antara lain facebook, instagram, dan lain sebagainya. Anda juga bisa menghubungi influencer media sosial untuk bekerjasama dalam mempromosikan produk.

Search Engine

Search engine juga termasuk dalam salah satu jenis digital marketing. Search engine dibuat sebagai upaya agar produk bisa terekam pada mesin pencarian Google. Search Engine dibagi menjadi 2 jenis. Search Engine bisa diklasifikan menjadi SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing). Perbedaanya yaitu jika SEO ini bisa dilakukan sendiri namun membutuhkan waktu yang lama. Disisi lain, SEM bisa cepat terselesaikan namun Anda harus membayar akan hal tersebut.

Apa yang Anda Dapatkan Dengan Adanya Digital Marketing?

Video Marketing

Sesuai dengan namanya, video marketing yang dimaksud disini adalah membuat dan menampilkan video mengenai perusahaan dan bisnis yang dijalankan. Anda bisa memberikan konten berupa pengenalan perusahaan, produk atau jasa yang dipasarkan, dan testimoni dari para pelanggan atau pembeli sebelumnya. Video ini bisa Anda gabungkan dengan strategi social media marketing dimana video ini bisa Anda bagikan melalui beberapa media sosial yang ada.

Online Advertising

Jenis Digital marketing yang satu ini dianggap sangat ampuh untuk menarik pelanggan. Online Advertising ini adalah sebuah teknik promosi berupa iklan yang akan ditampilkan melalui internet. Namun, untuk online advertising Anda harus menyiapkan modal uang untuk promosi yang lebih ekstra. Akan tetapi, jika dilihat dari pengaruhnya yang begitu besar maka sistem ini juga sangat bagus untuk diterapkan.

Tujuan Digital Marketing

Ada yang mengatakan jika didalam tujuan digital marketing harus mencakup lima point didalamnya. Lima point utama yang dimaksud antara lain smart, specific, marketable, achievable, relevant, and Time Related. Sebenarnya, Tujuan utama dalam Digital marketing adalah membangun tingkat promosi seluas-luasnya untuk mendapatkan keuntungan penjualan yang besar. Dengan luasnya media promosi yang dilakukan maka secara otomatis grafik penjualan juga akan semakin meningkat.

Manfaat Digital Marketing

Setelah mengetahui definisi, jenis, dan tujuan dari Digital Marketing kini saatnya Anda harus memahami manfaat yang sangat besar di dalam model promosi ini. Jika Anda tekun dalam menjalankan bisnis maka dengan menggunakan teknologi akan memudahkan kesuksesan pada bisnis yang sedang dijalankan. Berikut adalah manfaat menggunakan marketing teknologi dalam berbisnis.

Memberikan Tumpuan Arah Perusahaan

Jika Anda seorang pembisnis maka sangat wajib hukumnya dalam penulisan sebuah target. Target tersebut digunakan sebagai motivasi untuk mencapai semua hal yang sudah dituliskan. Tahukah Anda jika teknollogin marketing akan sangat berpengaruh dalam memberikan tumpuan arah perusahaan? Dengan adanya infomasi marketing online jalannya perkembangan perusahaan akan terarah. Dan secara tidak langsung, arahan ini akan membawa Anda dalam pencapaian target-target yang diinginkan.

Apa Kemudahan dengan Adanya Digital Marketing?

Membuat Konten Produk Lebih Diterima

Di zaman seperti ini, semua kalangan usia rata-rata menggunakan teknologi dalam kehidupan keseharian. Mulai dari anak-anak hingga orang tua semuanya bisa mengakses semua hal yang ada dalam smartphone maupun laptop. Ketika Anda membuat konten mengenai produk yang sedang dibisniskan dan dibagikan ke media sosial maka semua orang bisa melihat postingan tersebut. Dengan konten yang menarik produk Anda akan diterima dan dikenal oleh banyak orang.

Baca juga : https://bacabaca.id/teknologi-canggih-masa-kini/

Menghemat Biaya Promosi

Ketika menggunakan strategi yang ada pada Digital Marketing Anda bisa menghemat biaya promosi. Rata-rata semua media sosial dan juga website bisa Anda buat dengan mudah dan gratis. Anda hanya memerlukan akses internet untuk menjalankannya. Dengan adanya internet dan medianya Anda tidak memerlukan banyak uang untuk hal cetak kertas, pamflet, atau yang lainnya. Anda bisa membuatnya secara visual dan membagikannya melalui beberapa media.

Memperluas Sistem Promosi

Jika berbicara mengenai teknologi dan internet semua orang yang ada di dunia bisa mengakses apa yang diinginkannya. Ini kesempatan yang sangat gemilang untuk para pembisnis dalam melakukan promosi. Sistem promosi yang disebarluaskan akan semakin tak terbatas. Anda bisa menjual produk pada orang yang berada diluar daerah, kota, provinsi, maupun luar negeri. Hal ini akan memungkinkan bahwa bisnis Anda bisa menjangkau semua area di dunia.

Meningkatkan Integritas Perusahaan

Pembisnis yang baik akan selalu memperhatikan integritas perusahaannya. Dengan menggunakan Digital Marketing integritas perusahaan pasti akan naik dengan sendirinya. Semua konten yang Anda unggah bisa dilihat, disukai, dan dikomen oleh banyak orang. Jika produk yang Anda jual berkualitas maka pasti banyak orang yang akan berkomentar baik pada postingan Anda. Inilah yang menyebabkan integritas perusahaan akan semakin baik dalam pandangan masyarakat.

Itulah penjelasan mengenai Pengetian Digital Marketing, Jenis-Jenis, Tujuan, dan Manfaatnya. Anda harus memahami hal-hal penting yang sudah dijelaskan. Selain itu, sebagai pembisnis Anda juga harus mempunyai mental yang kuat. Evaluasi pada diri sendiri juga harus sering dilakukan. Jika upaya-upaya tersebut sudah berhasil dilakukan maka dapat dikatakan jika Anda adalah salah satu pembisnis hebat dan sukses serta memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Tinggalkan komentar