Penggunaan Teknologi dalam New Normal

Penggunaan Teknologi dalam New Normal, merupakan suatu keharusan. Karena beberapa hal tidak akan mungkin kita lakukan seluk pandemi covid 19 menyerang dunia.  Kita harus menyesuaikan atau kalah.

Teknologi dalam New Normal i

Saat ini kita memasuki babak baru kehidupan bernama New normal. Suatu kelaziman baru akan berlaku mulai saat ini. Semua harus berubah dan menyesuaikan diri. Tidak bisa lagi melihat ke belakang.

Agar dapat bertahan di tengah virus yang masih ada di sekitar kita. Menjalani aktivitas dengan aman menjadi keharusan. Untuk  itulah saat ini  telah di kembangkan  berbagai teknologi untuk mendukung kehidupan sehari-hari.

Berikut beberapa Teknologi dalam New Normal yang sudah kita gunakan.

  • Sekolah online

Teknologi ini sudah mulai digunakan sejak sejumlah sekolah ditutup pada awal terjadinya wabah virus corona di negara kita. Belum ada kepastian kapan sekolah akan dibuka kembali,  membuat teknologi ini akan semakin lama digunakan para siswa dan guru.

Kegiatan belajar mengajar yang dilakuan secara virtual menuntut guru, murid bahkan orang tua mahir menggunakan teknologi internet.  Tidak ada kata tidak bisa, jika tidak siswa akan tertinggal pelajaran.

Para start up dan operator seluler bekerja sama. Memberikan kuota murah bahkan gratis untuk mengakses platform kelas online tersebut. Tentu saja akan sangat membantu siswa, jika bisa mendapatkan akses internet murah.

Guru pun dituntut lebih kreatif dalam mengajar. Menciptakan metode terbaru agar dapat menyampaikan kurikulum yang ditentukan pada anak didik. Meskipun hanya menggunakan sarana pembelajaran online.

  • Dokter online

Pandemi yang belum berakhir ini menimbulkan keresahan dalam masyarakat. Untuk itu dibuatlah layanan konsultasi online. Agar bisa meluruskan berbagai berita hoax yang beredar dalam masyarakat.

Penggunaannya makin berkembang sebagai salah satu  Teknologi dalam New Normal. Telemedicine istilah yang digunakan untuk konsultasi dokter secara online.  Hal ini akan membuat masyarakat mendapatkan informasi yang tepat tentang kesehatan.

Selain itu dapat mengurangi antrean panjang di fasilitas kesehatan, serta dapat menghindari tatap muka secara langsung. Semua bertujuan untuk mengurangi kontak fisik dari satu orang ke lainnya.

Tetapi masalah kesehatan yang dialami pasien  dapat ditangani secara tepat. Memudahkan bagi pasien dan keluar  bagi tenaga kesehatan dapat mengurangi risiko tertular dari pasien yang tidak bergejala.

Pasien tetap mendapatkan obat untuk penyakitnya  menggunakan resep digital yang ditulis oleh dokter yang merawatnya. Pengobatan tidak akan terhenti meskipun tidak datang langsung ke ruang praktek.

  • Bekerja dari rumah

Walaupun saat ini berbagai aktivitas ekonomi sudah mulai dapat dilakukan  tatap saja masih ada pembatasan. Hal yang paling aman dilakukan adalah menjaga  jarak antar manusia.  Jika memungkinkan lakukanlah pekerjaan anda dari rumah.

Apa Keuntungan dengan Adanya Teknologi Dalam New Normal?

Bisnis online menjadi sektor usaha yang masih bisa bertahan. Teknologi dalam New Normal ini akan semakin berkembang. Sektor ekonomi masih menggunakan teknologi internet untuk bekerja.

Pekerjaan yang tidak mengharuskan tatap muka dan hadir pada tempat tertentu dilakukan dengan jarak jauh yaitu dirumah. Karyawan yang  hadir ditempat kerja hannyalah mereka yang harus berhadapan dengan mesin atau pengolahan barang.

Bagian yang bekerja dibalik meja akan bekerja dari rumah. Koordinasi dan berbagai laporan dilakukan melalui teknologi video conference  kerja sama tim akan tetap terjaga meskipun tidak bertemu langsung.

Berbagai aplikasi kini bermunculan. Anda bisa melihat aplikasi yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhan. Bisa dalam jumlah sedikit bisa pula dengan jumlah peserta mencapai dua ratus orang.

Baca juga : https://bacabaca.id/kemajuan-teknologi-masa-depan/

  • Pernikahan online

Acara pernikan yang sakral identik dengan berkumpulnya kedua keluarga besar. Serta dihadiri oleh sahabat  dan kerabat saat ini sudah tidak mungkin lagi dilakuan saat virus masih berada di sekitar kita.

Teknologi dalam New Normal yang akan menjadi pilihan yaitu pernikahan online. Prosesi pernikahan yang dilakukan oleh pasangan pengantin dan kedua orang tua, disiarkan secara live kepada seluruh keluarga.

Bahkan resepsi yang akan diselenggarakan secara video streaming pula. Sehingga kerabat dan sahabat tidak akan ketinggalan momen sakral pernikahan. Teknologi ini akan semakin banyak digunakan  kini dan kedepannya.

Teknologi ini juga telah digunakan dalam acara lebaran bersama seluruh anggota keluarga dari rumah masing-masing. Ucapan selamat dan saling mendoakan yang diunggah pada laman khusus.

Silaturahmi akan terus terjaga walaupun tanpa jabat tangan. Anda yang ingin menikah saat pandemi ini tidak perlu berkecil hati.  Penikahan tidak akan kehilangan nilai sakralnya walaupun melalui Teknologi dalam New Normal.

Saat ini para ahli terus mencari cara agar manusia dapat melakuan berbagai aktivitas rutinnya di tengah bahaya virus. Manusia sebagai makhluk sosial haruslah berinteraksi tidak bisa terus menerus hidup sendiri.

Penggunaan  berbagai Teknologi dalam New Normal menjadi jalan keluar dari semua keterbatasan yang kita jalani saat ini. Anda siap untuk masuk ke dalam babak baru peradaban manusia?

Tinggalkan komentar