Perhatikan Cara Bayar Tagihan Air PDAM, Jangan Sampai Keliru

Perhatikan Cara Bayar Tagihan Air PDAM, Jangan Sampai Keliru – Air merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting. Bahkan manusia bisa bertahan hidup tanpa makanan memang tidak dapat bertahan tanpa adanya air. Anda tidak bisa terlepas dari air untuk melangsungkan kehidupan.

Cara bayar tagihan air PDAM online

Salah satu perusahaan yang menunjang ketersediaan air di Indonesia ialah PDAM. Meskipun tidak semua orang menggunakannya namun setidaknya beberapa daerah bisa memperoleh air bersih yang terjamin kualitasnya. Untuk hal ini tentunya Anda perlu melakukan pembayaran tagihan setiap bulannya jika berlangganan.

Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya teknologi kini Anda juga saat melakukan pembayaran secara online. Secara umum cara bayar tagihan air PDAM online cukup mudah karena hampir semua orang bisa mengaksesnya. Namun meskipun caranya mudah Anda tidak bisa melakukannya sembarangan.

Terdapat banyak hal yang perlu Anda perhatikan seperti penjelasan berikut ini.

1. Perhatikan Jenis Aplikasi

Sistem online yang dimaksud ialah menggunakan aplikasi secara khusus. Untuk itu Anda perlu menggunakan jenis aplikasi yang tepat dan sesuai. Setidaknya aplikasi tersebut sudah terkoneksi dengan PDAM serta cukup terpercaya. Contohnya Anda bisa menggunakan aplikasi LinkAja yang bisa diunduh melalui Play Store maupun App Store.

2. Pastikan Nomor Pelanggan

Cara bayar tagihan air PDAM online tentunya membutuhkan nomor pelanggan yang sudah terdaftar di PDAM secara resmi. Untuk itu sebelumnya Anda harus memastikan kebenaran dari nomor pelanggan yang Anda miliki. Jika Anda memiliki surat atau sebuah catatan khusus dari PDAM secara resmi maka simpanlah untuk memastikan nomor pelanggan tersebut sudah sesuai.

3. Harus Memiliki Akun

Untuk membayar secara online Anda juga membutuhkan sebuah akun khusus khususnya jika menggunakan sebuah aplikasi resmi. Cara bayar tagihan ini sering diawali dengan pembuatan akun dari aplikasi yang dimaksud. Barulah setelah itu Anda bisa melanjutkan proses pembayaran selanjutnya.

4. Domisili yang Jelas

Pada aplikasi tersebut Anda juga diharuskan memasukkan domisili sesuai alamat tempat tinggal. Domisili yang dimaksud ialah kota tempat Anda tinggal sesuai proses pendaftaran awal di PDAM. Agar lebih mudah maka Anda harus memiliki domisili dan tempat tinggal yang jelas terutama saat pendaftaran di PDAM.

5. Informasi Jumlah Tagihan

Biasanya setelah memasukkan nomor pelanggan maka Anda akan diberitahu mengenai informasi jumlah tagihan. Cara bayar tagihan air PDAM online tentunya bergantung pada jumlah tagihan yang muncul pada sistem. Setelah jumlah tagihan muncul pastikan informasi dan keterangan mengenai nomor pelanggan dan nama yang tertera sudah sesuai beserta jumlahnya.

6. Sisa Saldo

Nah, hal ini juga tak kalah penting jika Anda ingin melakukan pembayaran secara online melalui aplikasi tersebut. Pastikan Anda memiliki sisa saldo yang cukup bahkan bisa dilebihkan jika ingin melakukan pembayaran. Untuk hal ini maka Anda harus mengecek berapa total pembayaran terlebih dahulu agar sisa saldo bisa disesuaikan.

7. Simpan Bukti Transaksi

Jika Anda sudah selesai melakukan transaksi atau pembayaran tagihannya, tentunya Anda akan mendapatkan bukti pembayaran melalui aplikasi tersebut. Pastikan Anda selalu menyimpan bukti transaksi tersebut berupa salinan, print, atau di-screenshot sehingga bisa disimpan pada galeri ponsel. Beberapa hal di atas merupakan bagian yang sangat penting pada saat Anda melakukan carabayar tagihan air PDAM online. Saat melakukan transaksi ini Anda harus lebih teliti agar pembayaran benar-benar sampai kepada PDAM dan tidak terjadi masalah lain. Pasokan air ke rumah Anda bisa terus stabil sehingga Anda bisa menggunakannya sehari-hari.

Tinggalkan komentar