Reog Ponorogo Berasal dari Jawa Timur yang Kental Akan Hal Mistis!

Reog Ponorogo Berasal dari Jawa Timur yang Kental Akan Hal Mistis! – Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali kesenian budaya. Hal ini dikarenakan Indonesia tersusun dari beberapa wilayah yang terdapat dalam setiap provinsi. Kesenian budaya sendiri memiliki ciri khas masing-masing antar wilayahnya.

reog ponorogo berasal dari

Biasanya, kesenian budaya tersebut selalu dipelihara dengan baik, hingga akhirnya masih bisa ditemukan pada zaman sekarang. Namun, masih ada kesenian budaya yang memang kurang dipelihara oleh masyarakat sekitar. Sehingga hilang tergerus zaman. Salah satu kesenian budaya yang bisa ditemukan saat ini adalah reog ponorogo.

Sejarah Reog Ponorogo

Reog ponorogo berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut. Reog Ponorogo sendiri terdiri dari lima versi cerita yang populer di masyarakat. Hanya saja, salah satu cerita paling terkenal adalah cerita mengenai pemberontakan yang dilakukan oleh Ki Ageng Kutu.

Dia merupakan seorang abdi kerajaan Majapahit yang pada saat itu rajanya adalah Bra Kertabumi. Pada saat itu, Ki Ageng Kutu sangat murka terhadap raja yang korupsi dan memiliki pengaruh kuat dari pihak rekan China.

Pada akhirnya Ki Ageng Kutu memutuskan untuk meninggalkan raja dan membentuk sebuah perguruan seni bela diri. Di sana, dia mengajarkan anak-anak muda mengenai seni bela diri, ilmu kesempurnaan, sampai ilmu kekebalan diri. Harapannya adalah agar anak-anak muda tersebut mampu menjadi bibit kebangkitan dari kerajaan Majapahit kelak.

Hanya saja, Ki Ageng Kutu sadar bahwa pasukannya terlalu kecil untuk menghadapi pasukan kerajaan Majapahit. Oleh sebab itu, dia mencoba untuk memberi pesan politis melalui pertunjukkan seni reog sebagai sindiran bagi kerajaan. Reog ponorogo berasal dari provinsi Jawa timur tersebut digelar untuk membangun perlawanan masyarakat lokal.

Ada sebuah topeng berbentuk kepala singa yang dinamai dengan ‘Singa Barong’ pada pertunjukkan tersebut. Topeng tersebut menjadi sebuah simbol yang ditunjukkan untuk raja Bra Kertabumi.

Di atas topeng, diberikan bulu-bulu merak serupa kipas raksasa. Bulu-bulu tersebut merupakan simbol dari pengaruh kuat rekan China raja Bra Kertabumi yang sudah mengatur berbagai gerak-geriknya.

Selain itu, dalam pertunjukan reog ponorogo asli itu terdapat juga kelompok penari gemblak yang menunggangi seekor kuda-kudaan. Para penari tersebut merupaan simbol kekuatan pasukan Majapahit.

Terakhir, ada juga warok yang berada di balik topeng badut merah, menopang berat topeng singabarong menggunakan giginya. Warok tersebut merupakan simbol dari Ki Ageng Kutu.

Setelah populernya Ki Ageng Kutu di kalangan masyarakat, Raja Bra Kertabumi mengambil tindakan dengan menyerang perguruan. Semua pemberontakan bisa segera diatasi, sementara  perguruan Ki Ageng Putu dilarang untuk melanjutkan pengajaran. Tetapi, murid-muridnya masih melanjutkan pengajaran secara sembunyi-sembunyi.

Baca juga artikel kesenian lainnya :
– Tari Serimpi : https://bacabaca.id/tari-serimpi-tarian-khas-yogyakarta/

– Tari Serumpai : https://bacabaca.id/tari-serumpai-khas-kalimantan-timur/

Reog Ponorogo Berasal dari Daerah Mana? Dan Apa Tujuannya?

Sampai saat ini, alur cerita reog ponorogo berasal dari daerah Ponorogo tersebut mengalami pengubahan. Di mana, ceritanya menjadi cerita seorang Raja Ponorogo yang ingin melamar Putri Kediri. Di perjalanan menuju kerajaan Kediri, Raja Ponorogo dicegat oleh Raja Singabarong. Pasukan dari pihak Ponorogo terdiri dari Raja Kelono dan wakilnya Bujanganom, serta dikawal oleh warok. Sementara, pasukan Singabarong terdiri dari Singa dan Merak.

Seluruh tarian yang ditampilkan merupakan tarian perang antar dua kerajaan tersebut.  Di mana, antara kedua kerajaan tersebut juga mengadu ilmu hitam. Tidak heran jika para penarinya dalam keadaan kerasukan ketika sedang mementaskan tariannya.

Tokoh-Tokoh Dalam Reog Ponorogo

 Dalam kesenian reog ponorogo berasal dari Jawa Timur, ada beberapa tokoh yang selalu bisa ditemukan ketika pementasan. Adapun beberapa tokoh yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Jathil

Tokoh pertama dalam kesenian ini adalah Jathil. Jathil sendiri merupakan para prajurit berkuda. Tarian yang dilakukan oleh para prajurit tersebut dinamakan dengan Jathilan. Tarian ini biasanya ditampilkan oleh penari yang saling berpasangan antara satu dengan yang lainnya.

Warok

Tokoh selanjutnya yang bisa ditemukan dalam kesenian reog ponorogo berasal dari Jawa Timur ini adalah warok. Warok sendiri merupakan nama yang berasal dari kata Wewarah. Arti dari kata wewarah adalah orang suci atau orang yang memiliki tekad suci, selalu bisa memberikan perlindungan dan bisa memberikan tuntunan.

Barongan

Selanjutnya ada barongan. Barongan sendiri merupakan perlengkapan peralatan tari yang banyak digunakan dalam kesenian ini. Adapun bagian dari barongan yang pertama adalah kepala harimau atau biasa disebut dengan caplokan. Kepala harimau tersebut dibuat dari kerangka rotan, kayu dan bambu.

Kemudian, untuk menutup kerangka tersebut diberikan kulit harimau. Bagian selanjutnya adalah gembong dadak merak. Bagian ini terbuat dari sebuah kerangka bambu dan rotan. Biasanya, bagian ini digunakan sebagai tempat untuk menata bulu merak.

Terakhir, dalam barongan ada bagian krakap. Bagian krakap yang terdapat dalam kesenian  reog ponorogo berasal dari Jawa Timur ini tersebut dibuat dari kain beledu. Kainnya memiliki warna hitam dan pembuatannya disulam dengan monte. Krakap biasanya digunakan untuk menuliskan nama grup reog.

Tokoh klono sewandono

Tokoh yang satu ini merupakan seorang raja yang memiliki kesaktian mandraguna. Raja ini memiliki sebuah pusaka sakti berupa cemeti. Biasanya, pusaka tersebut dipakai untuk melindungi diri dan rakyatnya. Kegagahan dari Raja Klono digambarkan dalam sebuah tarian yang sangat berwibawa dan lincah.

Bujang Ganong

Tokoh terakhir yang bisa ditemukan dalam kesenian yang berasal dari Jawa timur ini adalah bujang ganong atau ganongan atau patih pujangga anom. Bujang ganong merupakan seorang tokoh yang memiliki kemampuan seni beladiri, energik dan kocak.

Biasanya, setiap sang patih tampil, maka akan diperankan oleh 2 orang. Bujang ganong sendiri merupakan tokoh yang digambarkan masih muda, jenaka, cerdik, sakti, memiliki kemauan keras dan cekatan. Itulah beberapa hal mengenai kesenian reog ponorogo berasal dari Jawa Timur.

Tinggalkan komentar