Serba-Serbi Riset Keyword yang Bisa Diketahui

Serba-Serbi Riset Keyword yang Bisa Diketahui. Di zaman sekarang, para pelaku SEO tentunya tidak asing dengan riset dalam menentukan keyword yang tepat. Biasanya hal ini dilakukan untuk bisa mengoptimalkan SEO on page. Hal tersebut tentu akan berdampak pada performa website. Untuk mencari keyword yang tepat, bisa dilakukan menggunakan keyword tool. Menariknya, ada beberapa keyword tool yang memang bisa diakses sacara gratis.

Ketika menggunakan keyword yang tepat dalam konten, maka bisa membuat peringkat website menjadi lebih baik. Hal ini tentunya akan mempengaruhi penghasilan web traffic. Oleh sebab itu, memang penting melakukan terlebih dahulu riset terhadap keyword, baik untuk blog pribadi maupun website bisnis.

Pentingnya Melakukan Riset Keyword Google

Seperti yang sudah disinggung di atas, melakukan riset keyword ternyata sangatlah penting. Selain bisa menaikkan penghasilan web traffic, ada beberapa alasan lain yang membuat hal ini menjadi penting. Berikut beberapa alasan tersebut.

Dapat menghasilkan konten yang baik

Alasan pertama adalah bisa menghasilkan konten yang baik. Ketika membuat sebuah konten untuk dijadikan sebagai media pemasaran yang baik, maka perlu membuat konten tersebut berisikan keyword. Keyword yang dimasukkan tentu harus sesuai atau relevan dengan layanan objek pemasarannya. Biasanya, orang-orang mencari keyword pada mesin pencari untuk bisa menemukan kata kunci yang berhubungan dengan bisnisnya.

Dapat mengetahui tingkat persaingan iklan di google

Alasan lain yang membuat riset keyword google menjadi sangat penting adalah dapat mengetahui tingkat persaingan iklan di google. Nantinya, Anda akan mengetahui bagaimana tingkat persaingan iklan untuk keyword atau kata kunci yang sudah dimasukan. Tingkat persaingan tentu akan berpengaruh pada harga per kliknya.Hal ini tentu berdampak pada biaya iklan yang lebih besar pula.

Dapat membuat peringkat di mesin pencari menjadi lebih baik

Selanjutnya, penggunaan riset terhadap keyword juga bisa membuat peringkat di mesin pencari menjadi lebih baik. Hal ini dikarenakan ketika Anda melakukan riset di keyword tool, akan muncul keyword terkait dengan presentase jumlah pengguna yang sering melakukan pencarian menggunakan keyword tersebut. Nantinya, keyword yang sudah didapat bisa dimasukkan ke dalam judul, meta description artikel atau slug, sehingga akan memudahkan mesin pencari untuk menangkan detail konten yang dimiliki Anda.

Cara Melakukan dan Beberapa Riset Keyword Gratis

Cara melakukan riset keyword gratis tentu sangatlah mudah. Hal tersebut dikarenakan sudah ada beberapa keyword tool yang bisa membantu untuk dapat melakukan riset terhadap keyword dengan baik. Biasanya, setiap keyword tool akan memberikan informasi seberapa banyak dicari keyword tersebut oleh pengguna. Nah, adapun beberapa keyword tool yang bisa ditemukan adalah sebagai berikut:

Google suggest

Pertama, Anda bisa menggunakan google suggest. Keyword tool yang satu ini bisa dikatakan sebagai keyword tool sederhana. Hal ini dikarenakan keyword tool tersebut berada pada kolom home google secara langsung. Ketika Anda mengetikkan kata kunci pada google search, maka akan muncul beberapa keyword yang masih berhubungan. Hanya saja, dalam keyword tool ini tidak muncul statistik dan list data pada keyword yang muncul.

Keywordtool.io

Untuk melakukan riset keyword juga bisa menggunakan keywordtool.io. Biasanya, keyword tool ini banyak dipakai oleh para internet marketing. Salah satu kelebihan yang bisa ditemukan dari keyword tool ini adalah mampu memberikan saran kata kunci lebih banyak, yaitu sekitar 750 kata kunci. Dalam keyword tool ini, Anda bisa memilih mesin pencari mana yang akan menjadi target dari website-nya.

Ubersuggest

Terakhir, Anda juga bisa menggunakan ubersuggest. Keyword tool ini merupakan keyword tool paling populer dan favorit. Dalam tool ini, Anda bisa melihat berbagai statistik yang dipakai untuk menentukan sebuah kata kunci. Menariknya, tampilan dari statistik tersebut memiliki gambar, link kompetitor dan angka. Tidak heran jika ubersuggest memberikan data-data yang sangat lengkap.

Baca juga : Yuk, Mengenal Sejarah Candi Borobudur

Melakukan Riset Keyword Youtube

Ternyata, riset keyword juga sangat penting untuk melakukan optimasi SEO youtube. Hal tersebut dilakukan agar viewers dari video yang diunggah ke youtube bisa banyak dan bertambah. Untuk memaksimalkan konten video yang akan dipublikasikan, ada beberapa panduan riset di bawah ini:

Menemukan kata kunci sesuai dengan niche

Ketika akan terjun sebagai seorang youtuber, tentunya harus menentukan dulu niche atau tema dari video yang akan diunggah. Setelah menentukan dan menemukan tema yang sesuai, maka carilah kata kunci. Kata kunci tersebut penting untuk bisa menarik perhatian banyak penonton. Anda bisa mencari kata kunci pada beberapa keyword tool yang tersedia.

Menganalisa tren terbaru

Untuk melakukan riset keyword youtube, maka anda juga harus melakukan analisa terhadap tran terbaru. Biasanya, pada periode tertentu video nomor satu dan beberapa video di bawahnya memiliki tema yang sama. Ada sekitar dua cara yang bisa dilakukan untuk melihat tren, yaitu dengan menggunakan tab trends dan menggunakan fitur autocomplete.

Itulah berbagai serba-serbi mengenai riset keyword, baik dalam website maupun youtube.

Tinggalkan komentar